5 Manfaat Beras Hitam Yang Jarang Diketahui Orang

Untuk anda yang sedang dalam program diet, yuk coba beras hitam untuk membantu program diet anda.
, Majalah Kartini | 09/07/2019 - 13:26

MajalahKartini.co.id –Banyak orang yang tidak begitu mengetahui beras hitam. Padahal makanan yang satu ini merupakan warisan dari nenek moyang Indonesia. Bukan hanya itu, rasa nasi dari beras hitam dinilai lebih enak dan pulen daripada beras putih bahkan beras merah.

beras hitam

sumber : istimewa

Memiliki tekstur dan rasa yang lebih nikmat, beras yang satu ini ternyata juga memiliki banyak manfat bagi kesehatan tubuh kita. Bulir beras hitam utuh mempertahankan semua sifat alaminya karena beras ini tidak melalui proses pemutihan. Berikut adalah beberapa manfaat yang didapat dari makanan yang satu ini:

Menyehatkan Jantung

Menurut penelitian, beras yang satu ini dinilai menjadi salah satu makanan yang efektif mengurangi risiko penyumbatan darah di arteri. Kandungan fitokimia di dalamnya juga bermanfaat untuk menjaga tingkat kolesterol dalam tubuh. Sehingga kedua kombinasi ini baik untuk mencegah penyakit jantung.

Detoksifikasi tubuh

Beras hitam ternyata juga bermanfaat dalam proses detoksifikasi tubuh. Hal ini disebabkan karena makanan yang satu ini dapat membersihkan hati dari racun serta kandungan fitonutrien di dalamnya ampuh untuk mengurangi peradangan. Jadi manfaat beras hitam berperan sangat penting dalam menunjang kesehatan hati.

Menyehatkan pencernaan

Memiliki kandungan yang kaya akan serat, makanan yang satu ini dapat membantu dalam mencegah sembelit, kembung, diare, dan gangguan pencernaan lainnya. Serat yang terkandung dalam beras hitam, membantu meningkatkan aktivitas gerak usus. Selain itu, dalam dosis tinggi, serat dapat mencegah penyerapan zat beracun dan membilasnya kelaur dari dalam tubuh.

Mencegah diabetes

Berdasarkan penelitian, makan beras hitam secara teratur ternyata efektif untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan manfaat beras hitam efektif untuk menekan kadar gula dalam darah. Makanan yang satu ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Ini memiliki efek perlindungan pada sistem pencernaan sekaligus mempertahankan angka gula darah tetap konstan.

Mencegah obesitas

Mengonsumsi makanan yang satu ini dinilai mampu mencegah resistensi insulin yang berhubungan dengan peningkatan risiko obesitas. Bila Anda tengah melakukan diet dan bosan dengan beras merah, Anda dapat menggantinya dengan makanan yang satu ini. Bahkan mengonsumsi beras yang satu ini, memiliki hasil yang lebih baik daripada beras merah, karena teksturnya yang lebih padat dan lebih kaya serat.

Baca Juga: 5 Teh ini Ternyata Bisa Membantu Menghilangkan Perut Buncit Anda Loh

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: