5 Kopi dengan Penyajian Unik Khas Nusantara

Kopi pada umumnya sama, berbentuk biji, tapi bagaimana jika penyajiannya berbeda? Ini lah yang menjadi keunikan dan ciri khas. Sehingga mulai dari kopi yang dihasilkan, hingga rasa yang ditimbulkan akan berbeda pula.
, Majalah Kartini | 08/04/2019 - 12:00

Foto: Istimewa

MajalahKartini.co.id – Kebiasaan minum kopi di Indonesia menjadi salah satu alasan kenapa kopi makin digemari oleh setiap kalangan. Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia meminum kopi setiap harinya. Populernya kopi di Indonesia dikarenakan dua hal, yakni harganya yang terjangkau dan jenis minuman ini mudah didapatkan.

Alasan lainnya yaitu, ketika segelas kopi dibuat, disajikan secara unik dan berbeda tiap daerahnya. Ini lah yang menjadi keunikan dan ciri khas kopi di tiap-tiap daerah di Indonesia. Penasaran? Dari sekian banyak penyajian unik kopi di Nusantara, berikut ulasan lima penyajian unik kopi khas Nusantara:

 Kopi Takar

Foto: Istimewa

Biji kopi mandailing memang termasuk kopi yang tersohor di Indonesia, Tapi selain itu ternyata Mandailing juga terkenal akan sajian kopinya yang unik. Bernama kopi takar, di mana seduhan kopi dituangkan dan disajikan dalam wadah batok kelapa dengan batang kayu manis yang mempercantik gelas sekaligus sebagai sedotannya.

Aroma dari kopi takar sangat wangi karena pengaruh dari batok kelapa dan kayu manis. Serta tambahan gula aren di dalamnya, mencipta rasa kopi nusantara menjadi megah di mulut.

Kopi Joss

Foto: Istimewa

Anda pasti sudah sangat familiar dengan kopi yang berasal dari daerah Yogyakarta ini. Kopi joss merupakan kopi yang disajikan dengan sebongkah arang panas. Ketika arang panas bertemu dengan kopi, maka akan mengeluarkan bunyi “joss”, inilah yang membuatnya disebut dengan nama kopi joss. Kopi joss memiliki aroma yang unik dengan perpaduan aroma arang dan kopi yang bercampur menjadi satu.

Kopi Kawa

Foto: Istimewa

Bukan hanya daerah mandailing saja yang mempunyai sajian kopi yang dituangkan ke batok kelapa. Tapi  daerah Bukittinggi juga memakai batok kelapa sebagai gelas. Memang wangi yang dihasilkan akan lebih keluar.

Hal unik lainnya yakni kopi yang dihasilkan bukan dari bijinya, melainkan dari daun kopi yang disangrai, ditumbuk dan diseduh.

Baca juga: Mengenal Berbagai Minuman Khazanah Indonesia

Kopi Kasar

Foto: Istimewa

Kopi khas Gresik ini memiliki keunikan sendiri jika dilihat secara langsung warna kopi yang terlihat. Seolah seperti melihat adanya ketimpangan antara air dan kopi. karena memiliki tampilan layer yang sangat cantik sehingga membuat penikmatnya sayang-sayang untuk meminumnya.

Kopi yang tidak digiling secara halus ini jika diseduh maka akan naik ke permukaan air. Jadi saat akan meminumnya, gelas harus diketuk-ketuk bagian tengahnya agar biji kopi cepat turun ke dasar gelas.

Kopi Rarobang

Foto: Istimewa

Beralih ke daerah Ambon yang memiliki kopi dengan penyajian unik karena dicampur dengan irisan jahe, tebu, dan kenari sehingga dari tampilannya bukan tampak seperti kopi melainkan wedang jahe. Pahit kopi ditambah hangat jahe akan menimbulkan sensasi rasa sedikit pedas di mulut karena unsur jahe yang diiris. Selain itu pemanis yang digunakan dalam kopi rarobang ini berasal dari manis tebu.(*)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: