5 Bahan Dasar Membuat Rasa Nasi Putih Menjadi Lebih Gurih

Berikut daftar bahan-bahan yang dapat membuat nasi putih menjadi terasa lebih gurih.
, Majalah Kartini | 19/03/2019 - 12:00
nasi putih

Foto: Istimewa

MajalahKartini.co.id – Nasi putih yang menjadi menu makanan sehari-hari seringkali membuat kita bosan dengan rasanya. Oleh karena itu, rasanya perlu dikreasikan agar dapat menambah selera makan. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang dapat dikreasikan agar rasa nasi putih menjadi lebih gurih.

  1. Santan

Seperti yang kita ketahui, santan menjadi bahan utama dalam pembuatan nasi uduk atau nasi gurih. Meski biaya yang keluar sedikit lebih mahal, santan bisa digunakan sewaktu-waktu untuk pengganti air saat memasak nasi untuk menciptakan rasa gurih.

  1. Air Kaldu

Sama halnya dengan santan, air kaldu dapat digunakan sebagai pengganti air saat memasak nasi untuk menciptakan rasa gurih. Rasa gurih air kaldu yang berasal dari tulang dan sumsum dapat menghasilkan rasa gurih yang berbeda dengan santan.

  1. Susu Cair

Jika anda berada di luar negeri untuk menemukan bahan santan, terbilang cukup sulit sehingga kebanyakan orang di sana menggantinya dengan  susu cair. Meski memiliki rasa yang sama, susu dinilai memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit dibandingkan santan. Tidak hanya itu nutrisi yang ada di dalam susu juga dapat menjadi nutrisi tambahan.

  1. Mentega atau Margarin

Untuk menggunakan bahan yang satu ini berbeda dengan tiga bahan yang sebelumnya yakni harus menunggu nasi tanak. Setelah nasi tanak dan masih panas tambahkan margarin secukupnya sehingga nasi lebih gurih dan beraroma.

  1. Minyak Wijen

Minyak wijen merupakan minyak dari hasil ekstraksi biji wijen yang sering digunakan dalam dunia kecantikan maupun kuliner. Untuk menambahkan minyak wijen agar nasi terasa lebih gurih, bisa ditambahkan secara langsung saat nasi siap untuk disantap.

Baca Juga : Resep Nasi Goreng Kimchi Korea ala Chef Priscilya

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: