5 Tips Atasi Anak yang Tak Doyan Sayur

Banyak cara untuk mengajak anak doyan makan sayur, seperti tips berikut yang dapat dicoba agar anak mulai senang dengan sayur-sayuran.
, Majalah Kartini | 13/04/2019 - 14:00
sayur

Foto: Istimewa

MajalahKartini.co.id – Para orang tua kerap merasa dilema ketika si kecil sulit makan sayur. Padahal, sayur yang mengandung banyak nutrisi dan zat besi sangat dibutuhkan oleh anak-anak, terutama ketika mereka dalam masa pertumbuhan. Ada banyak cara membujuk anak agar mau makan sayur. Seperti tips berikut untuk menghadapi anak-anak yang sulit makan sayur.

  1. Jadikan orang tua sebagai contoh

Anak-anak merupakan sosok peniru dan akan belajar dari lingkungan sekitarnya. Sebagai orang tua tentu wajib memberikan contoh dalam memulai suatu hal. Termasuk memakan jenis makanan yang satu ini. Ketika sang anak melihat bagaimana orang tuanya senang makan sayur, maka secara tidak langsung anak akan mencontoh dari orang tuanya.

  1. Ajari makan sayuran sejak kecil

Agar anak suka makan sayuran, mereka harus terbiasa dengan rasa sayuran. Maka penting untuk mengajarkan anak makan sayuran sejak masih kecil. Mengenalkan berbagai macam sayuran kepada anak bisa dimulai ketika anak sudah mulai MPASI (Makanan Pendamping ASI).

Baca Juga : Steak Sayur Mobil: Ide Pintar Membuat Bekal Anak!

  1. Buat kreasi menu sayuran yang menggugah selera

Anak bisanya tidak menyukai sayuran karena rasanya tidak seenak makanan lainnya yang ia makan. Oleh karena itu, mulailah membuat kreasi menu sayuran yang dapat menggugah selera makan. Cara ini bisa menjadi solusi agar si anak mulai tertarik dengan sayur.

  1. Jangan menyembunyikan sayuran di dalam makanan lain

Menyamarkan sayuran ke dalam makanan lain justru membuat citra makanan sayuran terlihat lebih buruk. Hindari hal tersebut dengan menambahkan bahan makanan yang anak-anak suka seperti sosis atau daging.

  1. Buat anak yang menentukan menu sayur yang diinginkan

Hindari memutuskan sendiri semua menu yang akan dimasak. Tanyakan kepada anak sayuran apa yang ingin ia makan hari ini. Dengan melibatkan sang anak dalam menentukan pilihan menu yang akan mereka makan, maka mereka akan lebih bersemangat dalam menyantap makanan tersebut.(*)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: