Ingin Foto Makanan Dapat Banyak Likes? Ini triknya!

Anda suka memotret makanan tetapi masih tidak percaya diri? Ternyata ada lho tipsnya agar foto Anda menarik.
, Majalah Kartini | 20/02/2017 - 09:37

Trik-Foto-Makanan-Dapat-Banyak-likes

MajalahKartini.co.id – Sejak media sosial banyak digemari masyarakat, sepertinya banyak momen yang ingin Anda abadikan untuk kemudian diunggah ke akun sosial media, seperti Instagram, Facebook, maupun Path. Nah, dari beragam objek foto, adalah makanan yang kerap menjadi bahan menarik untuk diunggah.

Lalu, bagaimana trik memotret makanan menggunakan kamera ponsel agar tampak lezat dan mendapat banyak likes dari followers? Baca tipsnya!

1. Food styling

Perhatikan penataan makanan agar terlihat lebih cantik. Anda bisa styling meja dengan berbagai aksesori pemanis selain makanan itu sendiri. Misalnya, piring saji dengan alat makan di kanan kiri, vas bunga, taplak meja menarik, botol garam dan merica yang biasanya ada di atas meja makan, dan semacamnya. Namun fokus harus tetap pada makanan, sedangkan yang lain hanya hiasan atau background.

2. Pastikan pencahayaan

Makanan akan tampak lebih menggiurkan ketika mendapat penerangan cukup baik ketika dipotret. Hal tersebut berkaitan dengan ketegasan struktur makanan yang akan semakin terlihat jelas dengan cahaya yang terang. Warna dari makanan pun akan semakin muncul sempurna berkat lighting yang baik. Di sini, Anda juga dapat mempermainkan kontras warna dari makanan sebagai objek utama foto.

3. Perhatikan angle 

Memotret makanan akan terlihat kian maksimal berkat pengambilan angle memotret yang tepat. Angle yang paling sering digunakan food blogger umumnya pengambilan gambar straight atau lurus dari atas makanan. Angle ini memang sangat baik untuk menampilkan makanan dan estetikanya, namun mungkin cukup sulit Anda praktikan jika suasana restoran atau cafe yang Anda kunjungi sedang ramai. Jika pengambilan foto dari angle tersebut tidak memungkinkan, Anda dapat memilih angle dari samping atau melintang dengan tetap menunjukkan kelezatan makanan tersebut.

4. Berpikir kreatif

Terkadang, hasil potret makanan akan semakin terlihat menarik dengan kreativitas yang out of the box. Tidak melulu memotret makanan sempurna yang belum dinikmati, kreativitas memotret makanan juga dapat Anda lakukan dengan memotret makanan yang setengah habis, atau bahkan beberapa untaian mie terakhir di mangkuk saji.

Contohnya; memotret burger yang sudah Anda gigit, dengan demikian isi burger akan terlihat lebih detail, dan bekas gigitan pada burger pun dapat membuat orang yang melihatnya tergoda untuk ingin melahapnya juga. Intinya, jangan terbatas dengan aturan, berpikir liar lah untuk mendapatkan hasil foto makanan yang luar biasa. (Teks: Indri Wulandari/Foto: Foodworldnews)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: