Film “Captain Marvel” Angkat Semangat Perempuan

“Captain Marvel” menjadi salah satu film yang mengangkat semangat kaum perempuan.
, Majalah Kartini | 20/03/2019 - 16:00
captain marvel

Foto: Istimewa

MajalahKartini.co.id – Industri perfilman di Amerika kini mulai berubah. Setelah banyak mendapat kritikan karena isu kesetaraan gender, kini tokoh perempuan mulai banyak diangkat ke dalam film. Salah satunya adalah film Captain Marvel.

Film Captain Marvel yang mulai tayang di Indonesia  8 Maret 2019 kemarin diperankan oleh Brie Larson. Film ini menceritakan tentang seorang perempuan bernama Danvers yang memiliki kekuatan super. Danvers yang memiliki kekuatan super pun menjadi sosok Captain Marvel yang bertugas menyelamatkan alam semesta.

Yang membuat film ini menarik adalah, Captain Marvel menjadi film pertama Marvel Studios di mana perempuan berperan sebagai tokoh utamanya. Film-film produksi Marvel Studios yang merupakan adaptasi dari komik, selama ini selalu mengangkat para pria untuk menjadi tokoh utama.

Baca Juga : Vanesha Prescilla Akan Nyanyikan Soundtrack Film “Dilan 1991”

Tidak hanya menampilkan karakter super hero perempuan, film Captain Marvel juga menunjuk sutradara perempuan bernama Anna Boden untuk menggarap film ini. Anna Boden pun mencetak sejarah karena berhasil menjadi sutradara perempuan pertama dalam produksi film Marvel Studios.

Anna pun mengatakan bahwa ia merasa sangat senang karena menjadi salah satu yang telibat dalam film yang mengakat kisah perempuan Captain Marvel. Cerita Captain Marvel yang fokus terhadap isu perempuan menunjukkan, betapa hebatnya perempuan bisa menjadi sosok mandiri yang kuat. Hal ini yang kemudian membuat Anna semakin semangat dalam menggarap film ini.

“Cerita ini bisa dibilang masuk ke narasi tentang feminisme. Tetapi tidak, kami tidak berusaha membuat semuanya tentang perempuan, kami tidak bisa membuat sebuah film hanya menceritakan perjalanan seorang perempuan. Tapi di sini kami ingin benar-benar memberikan pesan dan dampak baik dari perjalanan seorang perempuan,” ujar Anna Boden.(*)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: