Dian HP: Musik sebagai Stimulus bagi Penderita Down Syndrome

Hari ini, 21 Maret 2019 adalah hari memperingati Down Syndrome sedunia. Menurut Dian HP, musik dapat menstimulus anak down syndrome dalam mempelajari banyak hal.
, Majalah Kartini | 21/03/2019 - 16:00

Foto: Istimewa

MajalahKartini.co.id – Siapa yang tak mengenal Dian Hadipranowo atau lebih dikenal namanya sebagai Dian HP (52). Musisi sekaligus penata musik yang lahir di Tunisia itu tidak bisa menyembunyikan rasa harunya ketika melihat anak didiknya yang mengalami Down Syndrome tampil memainkan alat musik dalam sebuah pagelaran acara.

Ia berujar bahwa merupakan suatu momentum yang paling bahagia ketika mereka (orang yang menderita down syndrome) memainkan alat musik dengan begitu sederhana. Tanpa disadari, setelah itu mereka mengalami kemajuan dan perkembangan dari segi komunikasi dan segi gaya bicara.

Sejak tahun 2003 banyak pihak yang terlibat dalam pelatihan anak-anak yang menderita down syndrome ditinjau dari cara melatih melalui musik. “Saya merasakan dalam interaksi dengan mereka banyak hal baru yang saya dapatkan, terutama saya makin yakin bahwa anak-anak spesial ini punya kemampuan khusus asal itu digali dan diasah,” ungkap Dian.

Hari ini, di tanggal 21 Maret 2019 adalah hari memperingati Down Syndrome sedunia. Mendukung pernyataan Dian HP, di kawasan Pejaten Barat, Rumah Ceria Down Syndrome (RCDS) bekerjasama dengan Persatuan Orang Tua Anak Dengan Down Syndrome (POTADS) secara khusus mengarahkan anak-anak tersebut ke Taman Musik.

Foto: mommiesdaily.com

Menurut Dian, dengan melibatkan mereka langsung dengan musik, bukan hanya hiburan yang didapatkan, tapi memiliki manfaat di dalamnya. Musik pun bekerja untuk membantu mereka mengekspresikan emosi lebih baik. Termasuk dalam hal menjalani proses belajar itu sendiri.

Baca Juga: Hari Down Syndrome Sedunia yang Selalu Penuh Harapan

Musisi yang pernah berkolaborasi dengan musisi keroncong, Ubiet menekankan bahwa anak  down syndrome cenderung mempunyai keinginan lebih untuk belajar. Jika diajukan dengan cara bermusik, mereka akan sangat senang. Banyak sekali instrumen musik yang ingin mereka pelajari. Mulai dari memainkan alat musik, seperti piano, jimbe, dan drum.

Menurut Dian, nada dan irama berulang yang ada di dalam musik dapat mempermudah anak down syndrome untuk mengingat dan memahami materi yang diberikan. Sehingga, orang tua wajib memahami wadah seni bagi anak dengan down syndrome. “Musik akan menstimulus mereka dalam mempelajari segala hal,” pungkas Dian HP.(*)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: