Zumi Zola Terapkan Tradisi Berbuka Puasa Seperti di Mekah

Zumi Zola mengajak warga Jambi untuk memaknai Bulan Ramadan.
, Majalah Kartini | 06/06/2017 - 12:03

Zumi Zola Terapkan Tradisi Berbuka Puasa Seperti di Mekah

MajalahKartini.co.id – Selama bulan Ramadan 2017 ini setiap sore menjelang di Tanah Suci Mekah selalu mengadakan tradisi berbuka puasa dengan menggelar hamparan kain putih yang diatasnya terdapat kurma dan air zam-zam sebagai takjil. Rindu akan momen tersebut, Gubernur Jambi Zumi Zola turut mengadakan acara buka bersama seperti itu di rumah dinasnya. Ia juga menyebutkan, tradisi tersebut perlu diterapkan di Tanah Air.

“Warga Mekah setiap sore menggelar kain putih, di atasnya ada kurma dan air zam-zam untuk takjil kaum muslimin yang tengah dalam perjalanan. Semua tidak saling kenal namun di tempat itu mereka bersatu dan saling menyambung silaturahim. Di sini tidak ada air zam-zam , namun saya gelar kain putih dan ada kurma untuk takjil. Itu momen yang paling saya terkesan dan tak terlupakan,” kata Zumi Zola

Pada kegiatan yang digelar di rumah dinasnya yang terletak di tepian Sungai Batanghari dan Jembatan Gentala Arasy itu, Zola menjadi tuan rumah bagi sekitar 500-an orang undangan yang hadir pada acara yang juga diisi dengan tausiyah dari Dr Kasvul Anwar tersebut. Selain itu, ia juga mengajak untuk melakukan introspeksi diri yang merupakan suatu sikap positif untuk mendapatkan inspirasi untuk mendapatkaan hal yang lebih baik dan lebih berkualitas.

Pada kesempatan itu, Gubernur Jambi mengajak warga Jambi untuk memaknai Bulan Ramadan, salah satunya dengan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, memakmurkan mesjid, memperbanyak zakat, amal dan mengisi dengan kegiatan produktif untuk kemaslahatan orang banyak. “Ramadan merupakan bulan berkah, dan hendaknya diisi dengan kegiatan yangg produktif dan barokah. Bulan ini untuk meningkatkan kesetiakawanan dan memperbanyak silaturahim,” kata Zola. (Foto: Jambipos Online)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: