Yuk Mengenal dan Mencoba Membuat Papeda di Rumah!

Kuliner khas Papua satu ini memiliki tekstur lengket seperti lem dan biasanya disajikan dengan kuah kuning atau aneka ikan.
, Majalah Kartini | 24/09/2018 - 12:00

MajalahKartini.co.id – Tidak hanya memiliki pemandangan alam yang sangat menawan, Papua juga memiliki khasanah kuliner yang lezat disantap. Salah satu panganan paling khas dan populer di Papua adalah papeda. Papeda adalah makanan berupa bubur sagu khas Maluku dan Papua yang biasanya disajikan dengan ikan tongkol atau mubara yang dibumbui dengan kunyit.

Bertekstur lengket menyerupai lem, berwarna putih dengan rasa yang tawar. Papeda merupakan makanan yang kaya serat, rendah kolesterol dan cukup bernutrisi. Papeda umumnya disantap layaknya nasi bagi masyarakat Indonesia pada umumnya, di mana menikmati papeda akan lebih lezat jika dikonsumsi bersama kuah kuning dan ikan, seperti ikan tongkol, ikan gabus, kakap merah, bubara, hingga ikan kue. Selain itu, papeda juga dapat dinikmati dengan sayur ganemo yang diolah dari daun melinjo muda yang ditumis dengan bunga pepaya muda dan cabai merah.

Tak hanya lezat, kuliner  ini rupanya juga baik untuk kesehatan karena rendah kolesterol, kaya akan serat dan juga bernutrisi. Hebatnya lagi, mengonsumsi papeda secara rutin diyakini dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi risiko kanker paru-paru, dan mencegah obesitas. Nah, mari kita intip bagaimana cara membuat Papeda sendiri di rumah.

Bahan Papeda:

  • 1/4 tepung sagu
  • 2 siung bawang putih
  • 4 gelas air
  • Garam (secukupnya)
  • Kaldu Ayam (secukupnya)

Cara Membuat:

  1. Didihkan 3 gelas air.
  2. Campur tepung sagu, kaldu ayam, garam, dan bawang putih yang telah di blender halus dengan segelas air, lalu aduk di mangkuk.
  3. Kemudian tuang air yang sudah mendidih ke dalam campuran tepung sagu tadi secara secara perlahan, aduk terus hingga kental.
  4. Papeda siap disajikan ditemani kuah kuning atau ikan sesuai selera Anda. Selamat mencoba! (*)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: