Wapres Jusuf Kalla Komentari Kemenangan Donald Trump

Terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden AS akan berdampak secara global, termasuk Indonesia.
, Majalah Kartini | 12/11/2016 - 16:00

MajalahKartini.co.id – Donald Trump telah memastikan dirinya sebagai Presiden ke-45 Amerika Serikat setelah merebut Pennsylvania dari Partai Demokrat dan juga mencaplok negara bagian Wisconia. Banyak respons dari dunia atas terpilihnya Trump pada Pemilu Presiden di Amerika Serikat. Salah satunya Indonesia yang mempunyai hubungan baik sejauh ini ikut merespons kemenangan Trump.

Wakil Presiden Jusuf Kalla pada kesempatannya mengatakan terpilihnya Donald Trum sebagai Presiden AS akan berdampak secara global, termasuk Indonesia jika apa yang disampaikan pada masa kampanye yang Trum jalankan. “Tergantung dijalankan tidak yang dikampanyekan. Kita tidak tahu apakah yang disampaikan saat kampanye sesuai tindakannya karena kampanye bisa lain dari pelaksanaan,” kata Jusuf Kalla di Jakarta, Jumat (11/11).

Lebih lanjut JK mengatakan, jika Trum tetap konsisten dengan apa yang dikampanyenya maka Ttum akan proteksionis. Kabarnya, Trump ingin mengurangi masuknya imigran ke negara Adidaya itu. Kampanyenya tersebut disambut antusias oleh pekerja karena akan memberikan kesempatan lapangan kerja bagi mereka dan mengurangi pengangguran.

Namun sikap proteksionis dan anti Islam Trump juga akan berdampak terhadap perekonomian negara tersebut. Terutama masalah dengan investor Amerika khususnya dari Timur Tengah.

“Kalau dia islamophobia pasti investor Timur Tengah yang banyak di Amerika juga pasti banyak yang tinggalkan. Resikonya bisa membahayakan bagi Amerika kalau dia sangat proteksionis. Jadi Saya meyakini tindakannya beda dari kampanyenya,” kata JK.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo juga ikut mengomentari terpilihanya Donald Trump sebagai Presiden AS. Pada kesempatan itu Jokowi melalui siaran pers mengatakan, atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia mengucapkan selamat kepada rakyat Amerika Serikat atas terselenggaranya pemilihan Presiden Amerika Serikat.

Donald Trump menang pemilihan Presiden setelah mengalahkan Hillary Clinton, kandidat Presiden dari Partai Demokrat. Hillary unggul dalam perolehan suara rakyat (popular votes) dalam hasil akhir penghitungan suara pada Rabu pagi. Akan tetapi, pemilihan presiden di Amerika Serikat ditentukan bukan oleh popular votes melainkan electoral votes. (Raga Imam/Foto: ANT FOTO/Hafidz Mubarak)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: