Wajah Lain R.A. Kartini dan Lukisan Karya Ir. Sukarno di Galeri Nasional

Dalam setiap pelaksanaan tur tersebut, pengunjung juga akan dibimbing mengenai buku-buku langka koleksi Presiden Sukarno yang ada di dalam lemari kaca di ruang pamer.
, Majalah Kartini | 07/08/2016 - 08:00
MajalahKartini.co.id – Pameran ’17/71: Goresan Juang Kemerdekaan’ masih akan berlangsung hingga 30 Agustus 2016 di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta. Guna memberikan wawasan dan pemahaman terhadap setiap koleksi lukisan, panitia pameran seni koleksi Istana Kepresidenan menyediakan layanan tur pameran bagi para pengunjung.
Layanan tur akan diberikan setiap hari Minggu selama pameran berlangsung dan terbuka bagi masyarakat umum tanpa dikenakan pungutan biaya. Setiap minggunya para pengunjung akan mendapatkan materi tur yang berbeda dengan durasi 1,5 jam setiap sesinya dan digelar dalam dua sesi, yakni pukul 10.00-11.30 WIB dan 13.30-15.00 WIB.
Pihak Geleri Nasional telah mempersiapkan para kurator dan didampingi oleh satu narasumber ahli dalam rangkaian tur tersebut, seperti sejarawan Peter Carey, jurnalis Aryo Wisanggeni, Kepala Galeri Nasional Tubagus Andre, staf pengajar Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta Citra Smara Dewi, serta kritikus seni Agus Dermawan T.
Adapun sejumlah materi yang akan disajikan di tiap minggunya ialah sebagai berikut:
1. Minggu Pertama (7 Agustus 2016): Apa dan mengapa Sukarno mengoleksi karya seni?
2. Minggu Kedua (14 Agustus 2016): Kebijakan Istana mengenai koleksi dan pameran karya seni dari waktu ke waktu
3. Minggu Ketiga (21 Agustus 2016): Tema, gaya, dan jenis karya seni yang menjadi koleksi Istana Kepresidenan
4. Minggu Keempat (28 Agustus 2016): Inventarisasi, katalogisasi, konservasi, sosialisasi pameran dan penerbitan buku, dan formalisasi legalitas berupa Undang-Undang. (Foto: Muhammad Meisa)

Tags: , , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: