Vonis 2 Tahun Penjara Untuk Ratna Sarumpaet

Setelah melalui proses yang panjang, Ratna akhirnya dijatuhi hukuman 2 tahun penjara.
, Majalah Kartini | 12/07/2019 - 11:53

MajalahKartini.co.id – Drama Panjang kasus penyebaran berita bohong atau hoax yang dilakukan oleh aktivis Ratna Sarumpaet akhirnya usai. Kamis, 11 Juli 2019, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan akhirnya menjatuhkan vonis 2 tahun penjara.

ratna sarumpaet

sumber : istimewa

Aktivis Ratna Sarumpaet dinyatakan menimbulkan keonaran setelah menyeberkan berita bohong. Ratna pun melanggar Pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang hukum pidana.

Drama panjang ini bermula ketika 1 Oktober 2018, Ratna mengaku dikeroyok sejumlah orang di kawasan Bandara Husein Sastranegara di Bandung. Namun setelah di periksa, ibunda dari Atiqah Hasiholan ini ternyata melakukan sedot lemak di area pipi dan menyembabkan lebam di kedua pipinya.

Namun berita kebohongan yang dibuat Ratna telah menyebar ke publik dan banyak yang telah percaya termasuk Ketua Partai Gerindra, Prabowo Subianto, politis Gerindra Fadli Zon dan pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais.

Akibat berita bohong tersebut, pada 5 Oktober 2018 Ratna resmi ditahan oleh Polda Metro Jaya dan dijerat UU Informasi dan Transaksi Elektronik. Setelah melalui proses yang panjang, Ratna akhirnya dijatuhi hukuman 2 tahun penjara. Sebetulnya vonis dua tahun penjara ini lebih ringan, dari tuntutan jaksa penuntut umum yakni enam tahun penjara.

Baca Juga : Atiqah Hasiholan Buka Suara Terkait Kasus Sang Ibu, Ratna Sarumpaet

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: