Upaya Google Indonesia Membantu UKM di Indonesia

MajalahKartini.co.id – Di Indonesia, industri usaha kecil dan menengah (UKM) memberikan kontribusi yang sangat penting untuk ekonomi negara. Para pelaku UKM ini pun dituntut untuk selalu kreatif dalam menjalankan bisnisnya. Memiliki keberadaan online saat ini merupakan salah satu langkah efektif untuk membantu mengembangkan usahanya. Banyak fasilitas yang telah tersedia untuk…
, Majalah Kartini | 11/12/2016 - 17:54

google-indonesia

MajalahKartini.co.id – Di Indonesia, industri usaha kecil dan menengah (UKM) memberikan kontribusi yang sangat penting untuk ekonomi negara. Para pelaku UKM ini pun dituntut untuk selalu kreatif dalam menjalankan bisnisnya. Memiliki keberadaan online saat ini merupakan salah satu langkah efektif untuk membantu mengembangkan usahanya.

Banyak fasilitas yang telah tersedia untuk membantu para pelaku bisnis mengembangkan bisnisnya secara online. Termasuk Google yang menawarkan berbagai fitur yang dapat digunakan oleh para pelaku usaha bisnis tersebut seperti AdWords Express dan Google Bisnisku.

Jason Tedjasukmana, Head of Corporate Communications Google Indonesia, saat kunjungan bersama sejumlah media ke tiga UKM di Bandung Selasa 6-7 Desember lalu mengatakan, “Google memahami betapa pentingnya UKM bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia dan kami ingin membantu mereka untuk menemukan pasar dan pelanggan baru,” ujarnya.

Lebih lanjut Jason mengatakan, “Mulai dari Google Bisnisku hingga AdWords Express dan Maps, kami menciptakan platform yang sederhana namun tangguh, yang dapat membantu bisnis tradisional dalam segala ukuran, termasuk petani, untuk sukses di era digital ini,” terangnya.

Menyambung pernyataan tersebut, Fida Heyder, Head of SMB Marketing Google Indonesia memberikan alasan mengapa UKM harus go online. Ia mengungkapkan bahwa Indonesia adalah penggunaan teknologi tertinggi dan mengalami pertumbuhan 19 persen, bahkan itu melalui smartphone.

“Ini tidak terjadi di semua negara. Apabila pertumbuhan ini terjadi di Indonesia kebanyakan melalui smartphone, ini unik,” ujar Fida.

Khusus segmen bisnis, lanjut ia, mereka  sudah belanja online (online buyer) bahkan pertumbuhannya lebih dari penggunanya sendiri. Melalui Google Bisnisku dan AdWords Express, pelaku UKM dapat menjangkau pelanggan baru di luar kota, bukan hanya di tingkat global tapi juga antar pulau.

“Misalnya sambal khas Indonesia kalau kita cari sambal datanya akan terlihat pertumbuhannya. Kita dapat melihat pencarian tertinggi dari mana saja misalnya papua, sehingga kesempatan untuk masuk ke sana juga tinggi. Tidak hanya ekspor import tapi juga antar pulau Indonesia, penggunaan tools ini tidak terbatas,” jelasnya lagi.

Online terbukti bagus untuk pengembangan bisnis. Dari 2014 ke 2016, UKM yang sudah online tumbuh sampai dengan 80 persen per tahun sementara UKM yang offline tumbuh 13 persen di periode yang sama.

Lantas apakah bisa tampil gratis di googl? Hal ini penting karena saat ini google mesin pencarian paling populer di Indonesia. Tahun 2015, sebanyak 28 persen pengguna internet di Indonesia melakukan pencarian melalui google, ini banyak digunakan UKM semenjak 2 tahun keberadaan google bisnisku.

“Selain tampil di google search UKM juga muncul di google maps, kita bisa tahu statusnya apa lagi buka atau tutup. Untuk konsumen kita juga dapat lihat reviewnya dan bintangnya serta bisa menjadi sarana komunikasi pemilik UKM nya. Di sini juga dijelaskan berapa lama waktu pengunjung habiskan ke tempat tersebut.

Bagi pebisnis bisa mendapat statistik tentang pelanggan:
– Berapa kali bisnis di cati dan muncul di google
– Berapa banyak orang yang menelpon dari google
– Berapa banyak pelanggan yang klik
– Berapa banyak yang meminta petunjuk jalan.

Bagi pelaku UKM yang sangat sibuk sehingga tidak punya waktu untuk mengontrol perkembangan bisnisnya di online, Google menyediakan fitur berbayar. Pelaku UKM bisa memasang iklan melalui Google AdWords Express dengan budget yang sesuai kemampuan.

“UKM hanya menyediakan budget untuk promosi berapa nanti semuanya kita yang lakukan di belakang layar, kita sesuaikan dengan kemampuan mereka. Bisa Rp500 ribu atau Rp1 juta per bulan. Jika setelah itu mereka ingin iklan diperpanjang makq kami akan perpanjangan tapi jika mereka tidak ingin perpanjang dan tidak ada pembayaran maka iklan kami setop,” papar Fida.

Harga iklan biasanya dipengaruhi dengan kata kunci yang ingin digunakan, semakin banyak menggunakan kata kunci tersebut biasanya akan semakin mahal. Hanya saja, terkadang ada iklan yang break down karena tidak related, misalnya kata kuncinya kopi dan ternyata jualan susu.

Keunggulan ke dua fitur mesin pencarian terbesar di Indonesia ini yaitu adanya google analistik sehingga pertumbuhan UKM dapat diketahui dengan terperinci. Maka dari itu, Google Indonesia berkomitmen mengajak pelaku UKM di Indonesia untuk mempromosikan usahanya secara online agar bisa menjangkau semua wilayah dan menjadi dikenal. (Foto : Andim)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: