Tujuh Trik Kerja Produktif Saat Puasa

Banyak orang menjadikan puasa sebagai alasan malas kerja.
, Majalah Kartini | 13/05/2019 - 08:00

MajalahKartini.co.id – Banyak yang menjadikan puasa sebagai alasan untuk tidak bekerja, atau melakukan aktivitas seperti biasanya. Rasa lapar dan haus, seringkali juga mengurangi produktivitas seseorang di siang hari. Meski begitu, pekerjaan dan kewajiban Anda, tentu tidak bisa ditunda hingga selesai Ramadan. Berikut ini, tujuh cara agar Anda tetap produktif selama menjalani puasa seperti dilansir Metro.co.uk.

Tujuh Trik Kerja Produktif Saat Puasa

1. Selesaikan pekerjaan penting segera setelah sahur

Energi Anda masih maksimal di waktu ini untuk mengerjakan tugas, pekerjaan rumah, atau mengaji. Kalau pun Anda ingin tidur kembali sebelum bekerja atau sekolah, lakukan hal sama dengan mengerjakan hal penting saat energi masih terkumpul banyak. Anda masih memiliki sisa energi di sebagian hari dan akan lebih mudah bagi Anda menyelesaikan segala sesuatu.

2. Buat daftar yang harus dikerjakan

Beberapa orang senang membuat jadwal harian, karena memudahkan mereka merencanakan hari mereka. Jadwal Anda harus sedikit disesuaikan ketika berpuasa, karena Anda mungkin tidak bisa mengerjakan hal sebanyak biasanya.
Namun, ini adalah gagasan yang baik untuk membuat daftar pekerjaan yang penting dilakukan hari itu. Untuk pekerjaan yang tidak terlalu darurat, Anda bisa simpan untuk di kemudian hari.

3. Buat target bulan Ramadan dan kelompokkan

Sebagian besar umat Islam pasti akan membuat target mengkhatamkan Alquran saat Ramadan. Sebaiknya, kelompokanlah target utama Anda ke dalam target yang lebih kecil yang bisa Anda capai dalam sehari tanpa merasa terlalu terbebani. Misalnya, Anda mencoba mempelajari satu surat, buat target Anda akan menghapal satu ayat setiap hari. Dengan demikian, akan lebih termotivasi untuk mencapai target itu.

4. Beri tubuh istirahat

Memang mudah mengerjakan segala hal selama Ramadan seperti halnya di bulan-bulan lain. Tetapi, ini hanya akan menambah lelah tubuh Anda.
Jadi, beri keringanan untuk diri Anda. Tidak mengapa merasa lelah dan tidak mengerjakan sejumlah pekerjaan. Realistislah terhadap diri Anda dan target yang bisa Anda lakukan, sehingga Anda tidak merasa sangat kelelahan ketika berbuka.

5. Tidur siang


Bagi mereka yang bersekolah atau bekerja, selama Ramadan hari akan terasa lebih lama ketika tidak makan. Begitu pun bagi mereka yang tidak bekerja di kantor. Karenanya, tidur siang bisa menjadi pilihan yang baik. Lakukan beberapa jam sebelum berbuka, agar Anda merasa lebih segar. Tidur siang juga bisa menjadi tambahan energi di malam hari untuk Anda beribadah.

6. Luangkan waktu santai

Menghabiskan waktu berselancar di media sosial, atau menonton video di situs berbagi video bisa menjadi pilihan menghabiskan waktu menunggu berbuka. Jika Anda luangkan satu jam sehari melakukan hal ini, Anda akan menjadi lebih produktif karena ada waktu untuk bersantai.

 

7. Makan sahur yang baik dan berbuka dengan menu ringan



Makanan yang kita makan berpengaruh besar terhadap apa yang dirasakan tubuh. Kalau kita makan makanan yang digoreng dan berminyak, tidak heran kita merasa lelah dan malas seharian, bahkan hingga malam.

Karenanya, pilihlah makanan yang bernutrisi dan memberikan energi seperti oatmeal dengan banya buah dan segelas susu saat sahur. Saat berbuka, makanlah perlahan dan pilih makanan yang ringan. Kalau masih merasa lapar, makanlah setelah tarawih. (Foto: istimewa)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: