Trik Mendesain Kamar Tidur Anak yang Aman, Nyaman dan Menawan

Perhatikan beberapa langkah berikut ini sebelum Anda mulai mendesain kamar tidur untuk buah hati tercinta.
, Majalah Kartini | 10/11/2018 - 12:30

MajalahKartini.co.id – Kamar tidur bukan hanya ruang untuk beristirahat, tetapi juga area privat untuk melakukan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan minat dan hobi pemiliknya. Oleh karena itu, kamar tidur anak juga memerlukan sentuhan yang tepat guna memperoleh fungsi maksimal. Mendesain kamar tidur untuk anak memang gampang-gampang susah, meski demikian Anda dapat membuatnya menjadi lebih mudah dengan mengikuti beberapa tips berikut ini.

Pemilihan Warna. Dalam mendesain kamar tidur untuk anak, pemilihan warna dasar kamar menjadi penting karena warna dapat turut memicu perkembangan otak anak. Terlebih bagi anak yang masih berusia balita atau masih terbilang kecil. Pilihlah warna-warna bold yang dapat menarik perhatian, seperti oranye, pink, biru, atau hijau. Memadukan beberapa warna juga dapat menjadi pilihan, namun pastikan tidak tabrak warna dan membuat penglihatan justru memusingkan. Jika ingin menerapkan warna lebih dari satu, sebaiknya Anda desain dulu tema pewarnaannya pada dinding, buat sketsa dan bentuk warna menjadi sebuah pola yang menarik dan tepat untuk anak-anak.

Area Penyimpanan. Kamar anak tentu akrab dengan beragam pernik dan mainan serta buku yang dimilikinya, oleh karena itu usahakan Anda juga mendesain sebuah area atau lemari penyimpanan di dalam kamar tidur anak. Jika ingin mengirit lahan, Anda dapat memesan built-in lemari di bawah tempat tidur. Jadi, anak-anak juga sekaligus dilatih untuk bertanggung jawab membereskan kamar tidur dengan menyimpan barang-barang pada tempatnya.

Area Bermain. Apabila lahan kamar tidur anak terbilang luas, maka penerapan area bermain dalam kamar tidur anak dapat menjadi pilihan. Misalnya, Anda memasang tenda kemah mini di sudut ruang, bangku dan meja kecil di tengah, rumah boneka barbie, atau semacamnya di dalam kamar tidur anak. Karena, anak-anak tidak hanya dapat tidur di kamarnya melainkan juga meluangkan waktu bermain. Namun, jika lahan kamar tidur anak tidak luas, Anda dapat menyiasati dengan membuat permainan yang simpel, seperti memasang ayunan di sisi tempat tidur, atau perosotan dari tempat tidur ke lantai karpet di bawahnya. Menarik, kan?

Area Belajar. Agar aktivitas anak seimbang, jangan hanya fasilitasi mereka dengan permainan tetapi juga area untuk belajar. Sediakan meja belajar beserta lemari buku dan kursi belajar untuk anak membiasakan diri belajar sebelum tidur. Anda juga dapat menambahkan komputer untuk membuat anak terbiasa menggunakan komputer namun tetap di bawah pengawasan orang tua.

Material Lembut. Namanya anak-anak, tentu mereka kerap kurang kehati-hatian dalam beraktivitas. Untuk menghindari hal-hal tak diinginkan, sebaiknya Anda perhatian dalam pemilihan material beragam pernik dan furnitur di dalam kamar tidur anak. Sebaiknya pilih yang aman, seperti meja dan kursi terbuat dari plastik, serta karpet dan bantal berbahan lembut yang nyaman. (*)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: