TNI Siap Bangun Hunian Sementara & Tetap untuk Korban Tsunami Selat Sunda

Setelah tanggal 5 Januari 2019, TNI siap turunkan Resimen Zeni untuk masa rehabilitas pasca tsunami.
, Majalah Kartini | 04/01/2019 - 11:00

MajalahKartini.co.id – Bencana tsunami yang melanda pesisir Banten dan Lampung akhir Desember 2018 lalu saat ini masih dalam masa tanggap darurat hingga 5 Januari 2019 nanti. Setelahnya barulah memasuki masa rehabilitasi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan telah menyiapkan pasukan Resimen Zeni untuk proses rekonstruksi hunian pascatsunami Selat Sunda.

“Saat ini masih masuk tanggap darurat. Nanti ketika masuk rehabilitasi, saya sudah bilang kepada Bupati, tenaga Zeni Konstruksi membantu pembuatan hunian sementara dan tetap,” ujar Marsekal Hadi di Labuan, Pandeglang, Banten (3/1).

Untuk sementara, TNI masih menunggu lokasi yang aman yang akan dibangun hunian bagi para korban. Dia mengharapkan, lokasi yang ditentukan oleh pemerintah pusat dan daerah adalah lokasi yang aman dari potensi bencana. “Nanti dicarikan yang aman apabila ada gelombang pasang lagi sehingga yang diharapkan para korban bencana akan mendapatkan hunian aman,” jelas Marsekal Hadi.

“Kebutuhan nanti berapa rumah dan target berapa bulan sehingga kita bisa kalkulasi berapa personel dari Zeni Konstruksi akan kita terjunkan. Yang jelas, permintaan Bupati dan Gubernur minta bantuan tenaga Zeni Konstruksi. Lokasi (hunian) menurut informasi baru,” imbuhnya. (*)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: