TNI Bangun Rumah Sakit Darurat Bantu Korban Gempa Aceh

Bantuan kemanusian terus berdatangan untuk menolong para korban gempa, termasuk dari pihak TNI.
, Majalah Kartini | 08/12/2016 - 17:00

MajalahKartini.co.id – Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI M Sabrar Fadhilah, menjelaskan bahwa personel Satgas Kesehatan yang dikirim TNI dari Jakarta telah mendirikan dua rumah sakit darurat lapangan di depan kantor Bupati Pidie Jaya. “Dengan menggunakan pesawat Hercules TNI AU, personel Batalyon Kesehatan 1 Kostrad tiba di Lanud Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh pada pukul 24.30 WIB. Kemudian, perjalanan darat ke Pidie Jaya, tiba pukul 03.00 WIB,” kata Kadispenad, di Jakarta, Kamis (8/12).

Satgas ini berjumlah 187 orang (80 orang Batalyon Kesehatan 1 Kostrad dan dan 107 personil Marinir). Selanjutnya mendirikan dua unit rumah sakit lapangan di depan kantor bupati Pidie Jaya, dipimpin Kapuspen TNI untuk melaksanakan tugas bantuan medis akibat bencana di Aceh. Kata Fadhilah, saat ini penanganan bencana gempa bumi bumi Aceh terus dilakukan oleh TNI, bahkan jumlah personel TNI yang diterjunkan sebanyak 1.102 orang.

“Unsur dari Kodam Iskandar Muda 891 orang, Kikes Kostrad sebanyak 80 orang, Yon Marinir sebanyak 107 orang dan Lanal Lhokseumawe sebanyak 25 orang. Ini berdasarkan informasi dari Pendam Iskandar Muda,” kata Jenderal bintang satu itu. Fadhilah merinci alat-alat berat yang diterjunkan,yaitu dua unit bulldozer, tenda 23 unit, Veldbed 150 unit, alat dapur umum 12 set, kendaraan truk 50 unit.

Gempa bumi 6,4 SR mengguncang Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, Rabu (7/12) pukul 05.03 WIB. Pusat gempa terjadi di darat (sesar Samalanga-Sipopok) melalui mekanisme gempa sesar mendatar dengan kedalaman 15 kilometer. Hingga Kamis (8/12) pukul 09.00 WIB telah terjadi 36 kali gempa susulan dengan magnitudo yang semakin lama semakin menurun. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis jumlah korban meninggal dunia akibat gempa magnitudo 6,4 di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, adalah 102 orang. (Foto: ANT FOTO/

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: