Tips Mudah Tingkatkan Kefasihan dan Keakuratan Berbahasa Inggris

Berikut tips berbahasa inggris dari Ryan Klaschinsky yang bisa Anda coba.
, Majalah Kartini | 04/12/2017 - 19:38

MajalahKartini.co.id – Pernahkah Anda berpikir untuk belajar bahasa inggris namun bingung harus mulai darimana? Lebih baik belajar melancarkan atau fasih bahasa inggris atau belajar tata bahasa (grammar) atau akurat dalam berbahasa inggris? Sebenarnya kedua itu saling berkaitan.

Berikut tips dari Ryan Klaschinsky, myClass Academic Manager, British Council Indonesia Foundation tentang bagaimana cara meningkatkan kefasihan dan akurasi dalam berbahasa inggris. Berikut tips kefasihan (fluency) berbahasa inggris

1. Jangan takut salah bicara

Jangan khawatir membuat kesalahan saat berbicara. Apa yang ingin Anda katakan seringkali lebih penting daripada bagaimana Anda mengatakannya. Jika Anda terlalu khawatir, Anda akan ragu, berhenti dan sulit untuk mengikuti apa yang ingin dikatakan.

2. Gunakan kamus inggris ke inggris

Periksa arti kata-kata baru dari kamus inggris ke inggirs. Sehingga akan membantu Anda berpikir dalam bahasa inggris lebih banyak daripada menerjemahkannya. Jangan terlalu bergantung dengan kamus atau google translate, terkadang Anda juga harus mengerti arti kata-kata dari konteks kalimat.

3. Percaya diri dan gunakan intuisi

Percaya dirilah terhadap kemampuan bahasa inggris Anda, sehingga rasa gugup tidak mempengaruhi kefasihan Anda. Gunakan pula intuisi Anda seperti apa arti kata tersebut, struktur kata sudah terdengar benar atau belum?

4. Jangan bicara terlalu cepat

Hindari berbicara terlalu cepat, bicara cepat bukan tanda Anda fasih berbahasa inggris. Lebih baik berbicara perlahan dan jelas karena orang lain belum tentu bisa memahami perkataan Anda.

5. Berlatih berbicara

Luangkan waktu untuk berlatih berbicara dalam bahasa inggris. Misalkan 1 menit, berbicaralah dengan diri sendiri atau orang lain tentang topik-topik kesukaan, hobi dan lain-lain. Hindari pula kebiasaan mengisi kekosongan dengan kata ‘err’ ‘ehm’ ‘eee’.

Tips akurasi (Accuracy) berbahasa inggris:

1. Koreksi diri

Jika Anda tahu Anda membuat kesalahan, jangan takut untuk mengoreksi diri. Sehingga kesalahan tersebut tidak terulang kembali.

2. Buku Grammar

Belajar tata bahasa dari buku grammar sehingga Anda bisa lebih memahami kata dan kalimat dengan lebih baik. Seperti tenses, prepositions, plurals, kata kerja, benda, sifat dan lain-lain.

3. Jangan malu bertanya

Jangan malu bertanya kepada pengajar ataupun rekan Anda yang sudah ahli berbahasa inggris. Sehingga mereka akan memberitahu kesalahan Anda dan memperbaikinya.

4. Banyak membaca

Dengan banyak membaca akan membantu meningkatkan akurasi Anda. Lebih mudah memerhatikan tata bahasa dan kosakata jika Anda melihatnya secara tertulis dibanding mendengarkan.

5. Bermain permainan grammar

Carilah permainan online grammar untuk meningkatkan akurasi Anda. (Cindy/ foto: Cindy)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: