Tips Merawat Rambut yang Diwarnai

Pewarnaan rambut adalah salah satu cara termudah dan paling efektif untuk memperbaharui tatanan rambut.
, Majalah Kartini | 30/04/2019 - 14:00

Foto: Istimewa

MajalahKartini.co.id – Salah satu cara mengubah penampilan dengan cepat adalah dengan mengganti warna rambut. Pewarnaan rambut saat ini sudah menjadi bagian dari fashion yang berarti memiliki trend tersendiri dan model yang bermacam-macam.

Pewarnaan rambut adalah salah satu cara termudah dan paling efektif untuk memperbaharui tatanan rambut. Namun, sebagian orang merasa takut tidak bisa merawat rambut yang diwarnai karena cepat pudar, rambut menjadi kering dan pecah-pecah. Sebagai perempuan yang selalu meng-update penampilan sesuai dengan trend warna rambut, mau tidak mau dihadapkan pada risiko kerusakan rambut tersebut. Untuk meminimalisir kerusakan rambut yang diwarnai, berikut cara merawat rambut yang telah diwarnai:

Baca Juga: Ikuti 5 Langkah Ini Sebelum Mewarnai Rambut!

  1. Pilih Produk Sampo Khusus

Salah satu cara merawat rambut yang sudah diberikan pewarna rambut adalah dengan memilih produk sampo khusus agar rambut yang sudah diberikan pewarna rambut tidak cepat pudar. Jangan menggunakan produk mousse atau gel yang mengandung alkohol, karena akan membuat rambut menjadi kering. Hindari juga penggunaan sampo anti ketombe yang biasanya mengandung suatu zat yang membuat warna rambut cepat pudar.

  1. Pakai Kondisioner

Setiap kali sehabis keramas, jangan lupa untuk mengaplikasikan kondisoner untuk mengunci kelembapan yang dibutuhkan oleh rambut Anda. Kondisioner khusus rambut berwarna, akan membantu warna rambut Anda semakin bersinar dan merata. Atau, gunakan kondisioner color-depositing. Formulasi dari kondisioner khusus berfungsi menambahkan pigmen warna untuk menghasilkan tampilan rambut berwarna yang lebih dramatis.

Baca Juga: Miliki Rambut yang Lebih Halus dan Mudah Diatur Lewat Langkah Berikut Ini!

  1. Serum Rambut

Untuk rambut yang diwarnai penggunaan serum sangat penting. Serum mengandung banyak vitamin untuk memperbaiki kondisi rambut. Gunakanlah serum saat rambut masih setengah kering, agar kandungan serum masuk ke dalam folikel rambut.

  1. Masker Rambut

Masalah yang umum terjadi setelah rambut diwarnai adalah kondisi rambut kering. Oleh karena itu perlu tambahan kelembapan yang bikin rambut tetap sehat dan berkilau. Aplikasikan masker rambut alami maupun yang dijual di pasaran secara rutin. Perawatan rambut mingguan juga perlu dilakukan untuk menjaga rambut tetap berkilau. Masker rambut dengan produk khusus untuk diwarnai atau masker yang mengandung ekstra pelembab. Fungsinya tidak hanya menjaga rambut tetap berkilau tapi juga memberikan nutrisi.

  1. Hindari Rambut dari Panas

Sebisa mungkin, hindari mengeringkan rambut dengan blow dryer atau hair dryer. Tidak hanya panas menguapkan warna rambut lebih cepat. Di hari-hari biasa, cukup angin-anginkan rambut Anda. Jika Anda butuh blow-dry rambut agar kering lebih cepat, jangan lupa untuk aplikasikan leave-in conditioner, serum rambut yang mengandung UV filter, dan semprotkan heat-protection spray sebelum mulai menata rambut.

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Atasi Rambut Lepek

  1. Gunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung nutrisi untuk menjaga kesehatan rambut. Caranya cukup mudah, usapkan satu hingga dua sendok teh minyak zaitun ke kulit kepala. Pijat secara perlahan lalu diamkan 20-30 menit, cuci seperti biasa. Rambut jadi berkilau dan lembut.

  1. Gunakan Madu

Gunakan madu untuk merawat ranbut agar tidak kering dan rontok. Caranya dengan ambil 2-3 tetes madu, lalu campurkan pada sampo atau kondisioner. Usapkan merata ke seluruh rambut, diamkan sebentar lalu cuci bersih.

Gunakan tips-tips di atas sebagai cara perawatan rambut yang diwarnai, agar tetap sehat dan terlihat cantik. Selamat mencoba!

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: