Tips Memilih Warna Foundation untuk Kulit Sawo Matang

Jangan anggap remeh memilih warna foundation, sesuaikan warna yang tepat dengan tone kulit wajah Anda.
, Majalah Kartini | 14/11/2018 - 12:00

MajalahKartini.co.id – Seperti yang kita ketahui, perempuan Indonesia mayoritas memiliki warna kulit sawo matang, hal ini tentu berbeda dengan warna kulit perempuan Korea atau Jepang yang umumnya putih. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengaplikasikan riasan ala Korea atau negara Asia Timur, maka penting Anda ketahui dulu apa warna kulit wajah Anda. Jangan sampai, Anda mengikuti warna foundation yang digunakan beauty vlogger Korea berkulit putih sedangkan kulit wajah Anda sendiri berwarna sawo matang. Hal tersebut dapat membuat wajah Anda tampak abu-abu atau belang dengan warna kulit leher Anda. Tidak mau, kan? Oleh karena itu penting memilih warna foundation yang sesuai dengan warna kulit sawo matang yang Anda miliki. Bagaimana caranya? Ikuti langkah berikut ini!

Ketahui jenis kulit Anda. Pertama-tama kenali dulu jenis kulit wajah Anda, apakah kategori normal, kering atau berminyak. Jenis kulit mempengaruhi juga jenis foundation yang Anda pilih. Karena ada beberapa produk foundation yang dikhususkan untuk jenis kulit tertentu. Pilih yang sesuai dengan jenis kulit Anda!

Pilih Tekstur Foundation. Ada beragam pilihan tekstur foundation, mulai dari yang cair, padat, gel, cream dan lainnya. Pilihlah yang paling tepat dengan jenis kulit Anda. Sebagai informasi berikut penjelasannya:

  • Foundation Cream. Foundation dengan jenis ini biasanya digunakan oleh para wanita yang sudah mulai mengalami tanda-tanda penuaan. Sesuai jenisnya, foundation ini berbentuk cream. Oleh karena itu sangat cocok untuk menyamarkan garis halus, kerutan hingga menutupi flek hitam pada wajah.
  • Foundation Gel. Selain berbentuk cream, faoundation juga ada yang berbentuk gel. Jenis foundation ini lebih cocok bila digunakan pada jenis kulit kering, namun ada pula yang bisa digunakan untuk kulit berminyak.
  • Foundation Cair. Foundation dengan bentuk cair memiliki kandungan dan formula yang lebih ringan dibanding foundation jenis lain. Foundation jenis ini biasanya cocok untuk melebabkan kulit. Oleh karena itu baik jika digunakan untuk jenis kulit wajah yang kering.
  • Foundation Padat. Nah, jika bentuk yang cair tadi cocok untuk kulit jenis kering maka foundation berbentuk pada sangat cocok dipakai oleh Anda yang memiliki jenis kulit berminyak.
  • Foundation Tepung. Selain foundation padat, kulit wajah yang berminyak juga cocok menggunakan foundation berbentuk tepung. Meskipun bentuknya hampir sama dengan bedak tabur, namun foundation berbentuk powder atau tepung ini memiliki kemampuang menutupi kulit dengan lebih baik.

Ketahui Warna Dasar Kulit Anda. Setelah mengetahui beberapa macam bentuk dari foundation. Kini saatnya menentukan warna foundation yang cocok untuk kulit sawo matang. Jadi, metode yang paling sederhana dalam menentukan warna foundation ialah dengan memilih warna yang paling mendekati dengan warna kulit. Sebagai panduan warna, simak penjelasan gambar di bawah ini:

Dari gambar, dapat dilihat bahwa perempuan dengan warna kulit sawo matang termasuk dalam jenis warna kulit yang netral. Nah warna foundation yang cocok untuk kulit sawo matang, antara lain warna cokelat natural, beige, expresso, walnut, maupun warna-warna sejenis cokelat yang masih menyerupai warna kulit dasar yang Anda miliki.

Pastikan Anda tidak memilih warna foundation yang setingkat lebih cerah ataupun setingkat lebih gelap dari warna dasar kulit wajah Anda. (*)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: