Tips Memilih dan Mengolah Pisang yang Enak untuk Kolak

Selain es buah, es campur, dan kurma, kolak juga menjadi hidangan favorit di saat bulan Ramadan.
, Majalah Kartini | 14/05/2019 - 08:00

MajalahKartini.co.id – Sensasi gurih kuah santan dengan rasa manis daging pisang yang empuk memang tidak ada duanya. Kendati demikian, membuat kolak yang lezat tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa persiapan khusus agar rasa kolak terasa legit, empuk, dan mengundang selera. Dilansir berbagai sumber, berikut tips ampuh memilih dan mengolah pisang untuk membuat kolak

Tips Memilih Pisang yang Enak untuk Kolak

Foto: Shutterstock

1. Pilihlah pisang kepok
Untuk membuat olahan kolak yang lezat, gunakanlah pisang kepok kuning yang masih utuh dengan tekstur yang tidak pipih. Hindari memilih pisang raja karena pisang jenis ini memiliki banyak getah sehingga akan mempengarahi rasa dan warna.

2. Gunakan santan alami
Setelah mendapatkan pisang yang ideal, tips selanjutnya adalah menggunakan santan alami dari parutan kelapa tua. Pemilihan santan yang tepat akan membuat rasa pisang menjadi legit, kental, dan segar.

3. Jangan terlalu lama merebus
Jika semua bahan dasar telah tersedia, kini masuk dalam proses pengolahan. Hindari merebus pisang terlalu lama agar kuah tetap bening dan mengundang selera. Yang perlu Anda lakukan cukup merebis pisang hingga sedikit menjadi lunak.

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: