Tips Cepat Beradaptasi di Kantor Baru

Pastikan Anda dapat memberikan first impression yang baik dari rekan-rekan di kantor baru Anda.
, Majalah Kartini | 16/01/2019 - 14:00

MajalahKartini.co.id – Bagi sebagian besar karyawan, pindah bekerja atau pindah kantor merupakan bukan perkara mudah, pasalnya Anda harus mulai beradaptasi dengan lingkungan baru, pekerjaan baru, dan tentunya rekan kerja yang baru. Merasa nyaman berada di satu perusahaan memang menyenangkan, sudah mengenal dan menguasai pekerjaan dengan baik, tetapi apabila Anda memutuskan untuk pindah bekerja demi memperoleh peluang dan kesempatan lebih baik, maka sebaiknya Anda baca beberapa tips berikut ini ketika memasuki kantor baru di tahun baru ini.

Ramah dan Tak Ragu Mengenalkan Diri. Jangan hanya berdiam atau justru memasang wajah tak ramah, pasang selalu senyum terbaik Anda dan tak ragu untuk menyapa dan memperkenalkan diri kepada rekan-rekan baru di kantor Anda. Sebagai karyawan baru, tentu Anda belum mengenal beberapa orang di sana, maka langkah terbaik di permulaan adalah berkenalan.

Berbaur di Saat Jam Makan Siang. Apabila sudah berkenalan di awal, saatnya Anda mulai berbaur dengan rekan-rekan baru. Hal ini penting karena dapat membantu Anda memperoleh informasi di mana kantin yang recommended, atau sebagainya. Bagaimanapun wilayah atau area kantor tersebut masih baru bagi Anda, maka sebaiknya berbaur dengan mereka yang sudah lebih lama berkantor di sana, maka Anda akan dibawa mengenal berbagai area di sana.

Bekerja dengan Baik. Meskipun Anda termasuk karyawan baru dan belum tahu benar ritme kerja di perusahaan tersebut, sebaiknya berusahalah memberikan hasil kerja yang terbaik. Hal ini penting sebagai perhatian bagi atasan Anda yang melihat Anda memiliki potensi besar serta mudah beradaptasi.

Jangan Membanding-bandingkan. Sebagai karyawan baru sebaiknya batasi pembicaraan Anda. Hindari membahas membanding-bandingkan pekerjaan atau kantor Anda yang lama dengan baru saat ini. Meskipun Anda tak bermaksud apa-apa, tetapi hal tersebut justru dapat membuat rekan atau atasan Anda menaruh penilaian kurang baik atas sikap Anda. Bagaimanapun juga jaga selalu rahasia perusahaan tempat Anda pernah bekerja. (*)

 

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: