Tiga Syarat Penting Menata Hunian Bertema Mexicana

Jika Anda berani bermain banyak warna dan ingin memiliki hunian berkonsep tidak biasa, maka Mexicana style tepat menjadi pilihannya.
, Majalah Kartini | 03/01/2019 - 14:00

MajalahKartini.co.id – Bersama seorang interior stylist, Astried Dwinanda, KARTINI mengajak Anda mengenal lebih dalam bagaimana menata hunian dengan tema Mexicana yang terkenal tak sederhana ini. Mari kita simak bersama!

Permainan Warna. Kunci utama mendesain rumah bergaya Mexicana adalah dengan berani menerapkan banyak warna pada dinding, pernik, hingga lantai dan atap rumah Anda. “Tidak ada dinding kosong berwarna putih pucat dalam gaya Mexicana tradisional. Meski mungkin saja hal itu muncul jika Anda mengangkat konsep Mexicana Modern atau Mexicana Minimalis,” tukas Astried. Meski demikian biasanya dominasi kuning kerap ditemukan pada dinding rumah bergaya Meksiko. “Bukan hanya dinding yang jadi perhatian Anda dalam pewarnaan, ingat bahwa warna furnitur pun menjadi cara memadupadankan warna pada ruang hunian Anda,” ujar Astried.

“Mungkin Anda akan berpikir berkali-kali ketika ingin membeli sebuah kulkas berwarna pink atau kursi makan kayu warna-warni layaknya bangku sekolah TK, tetapi untuk totalitas gaya Mexicana, keputusan itu harus berani Anda ambil,” jelas Astried. “Jika ada tamu yang bertandang ke rumah Anda dan tidak takjub atau mempertanyakan pemilihan warna rumah Anda, justru ada yang salah di situ. Karena gaya Mexicana pasti dan selalu menarik mata dan perhatian siapa saja yang melihatnya,” imbuhnya.

Pernik Beragam. Jika melihat gaya rumah-rumah tradisional di Meksiko, maka nyaris Anda sulit menemukan area kosong, baik pada dinding maupun sudut rumah. Hal tersebut karena pernik menjadi keharusan dalam rumah bergaya Mexicana. “Pilihlah beragam lukisan penuh warna, terapkan lah puluhan bantal berwarna dengan motif berbeda-beda, pasang karpet beda warna yang bertumpuk, atau meletakkan patung-patung, atau menggantung gitar dan topi khas Meksiko, serta menerapkan aksen lilin-lilin, figura foto, hingga dream catcher,” ujar Astried. Cara memasang figura foto dan lukisan ala Mexicana pun memiliki gaya sendiri yakni menyatukan mereka secara berdekatan sehingga tampak berkumpul dan menumpuk. “Semakin banyak maka semakin bagus. Sebaliknya, semakin sedikit justru tidak berhasil,” papar Astried.

Teknik Pencahayaan. Perbanyak jendela dengan daun jendela yang khas Meksiko. “Jangan desain jendela dengan ukuran terlalu lebar, untuk gaya Meksiko tradisional biasanya jendela berbentuk persegi atau kotak dengan daun jendela yang dapat dibuka keluar,” jelas Astried. “Selain pencahayaan dari luar melalui sinar matahari, gaya rumah Mexicana juga biasanya kembali lagi berkonsep ‘ramai’, yakni Anda bisa memilih berbagai chandelier, lampu gantung yang banyak aksen, atau memilih lampu bolam yang dirangkai memanjang pada seutas kabel panjang,” tutur Astried mantap. (*)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: