Tiga Posisi Tidur yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Pastikan selalu perhatikan posisi tidur Anda saat mengandung, ya.
, Majalah Kartini | 20/09/2018 - 13:00

MajalahKartini.co.id – Kehamilan merupakan masa yang ditunggu-tunggu bagi para calon ibu. Oleh sebab itu, sangat perlu untuk menjaga kehamilan tersebut. Selain pola makan yang benar, ternyata posisi tidur juga harus diperhatikan pada saat mengandung. Berikut tiga posisi tidur yang sebaiknya dihindari bagi ibu hamil.

Tengkurap

Pada saat awal-awal kehamilan, posisi tidur ini memang masih diperbolehkan. Namun, saat kehamilan sudah membesar, akan sangat berbahaya apabila Anda tidur dalam posisi ini. Hal ini dapat menyebabkan janin tergencet dan mengancam jiwanya. Selain itu, posisi tidur tengkurap ini juga dapat membahayakan calon ibu karena dapat membuat sesak napas dan kurangan oksigen.

Tidur Sambil Duduk

Posisi ini mungkin nyaman dilakukan apabila Anda sedang mual atau mulas yang berlebihan. Namun, Anda sebaiknya menghindari tidur dalam posisi ini. Hal ini dikarenakan posisi ini bisa meningkatkan tekanan pembuluh darah yang berlebihan untuk jantung. Selain itu, tidur sambil duduk bagi ibu hamil bisa menyebabkan rasa lelah yang berlebihan pada bagian punggung.

Tidur Miring ke Kanan

Posisi tidur yang berbahaya lainnya bagi ibu hamil yaitu miring ke kanan. Karena, tidur dalam posisi ini dapat menyebabkan tekanan yang kuat pada organ hati ibu hamil. Kondisi ini juga bisa menyebabkan asupan untuk janin menjadi lebih terbatas. Tidak hanya nutrisi yang mengalami pengurangan, oksigen yang mengalir melalui plasenta pun ikut berkurang. Posisi ini juga bisa menyebabkan gangguan tidak nyaman karena ibu hamil akan kekurangan oksigen saat tidur.

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: