Teror Sejumlah Bank di Ambon, Oknum PNS Dibekuk Densus 88

Pelaku meminta sejumlah uang dengan ancaman jika tidak diberikan maka bank-bank tersebut akan diledakkan.
, Majalah Kartini | 27/12/2016 - 09:00

teror-sejumlah-bank-di-ambon-oknum-pns-dibekuk-densus-88

MajalahKartini.co.id – Densus 88 segera menangkap pelaku teror di sejumlah bank di Kota Ambon. Tepatnya di kawasan Nania, Kecamatan Teluk Ambon. Motivasi oknum PNS yang berinisial WA tersebut adalah untuk melakukan teror karena masalah hutang.

Kepala Bidang Humas Polda Maluku, AKBP Richard Tatuh mengatakan, jika tersangka melakukan aksi teror di sejumlah bank di Kota Ambon karena terlilit masalah utang-piutang.
“Dia ingin mendapatkan uang karena tersangka ini terlilit masalah utang-piutang,” jelas Richard, Senin (26/12/2016).

Menurut hasil pemeriksaan yang dilakukan, tersangka tidak terkait dengan kelompok jaringan teroris di Jawa maupun ISIS. Tersangka, hanya menggunakan nama ISIS untuk menakut-nakuti pihak bank agar keinginannya tercapai.

“Tersangka ini mengatasnamakan ISIS, padahal dia tidak terkait jaringan teroris. Jadi dia menakut-nakuti pimpinan bank dengan harapan mereka bisa memberikan uang kepadanya agar dia bisa melunasi utangnya yang sangat banyak. Ternyata pihak bank tidak merespons permintaannya itu,” jelasnya.

Menurut Richard, perbuatan tersangka masuk ke tindakan pidana pemerasan dan pengancaman. Saat ini, yang bersangkutan telah ditahan di rumah tahanan Mako Brimob Polda Maluku.
Atas perbuatannya itu, pelaku dijerat Pasal 335 dan 368 KUHP dengan ancaman 5 tahun penjara.

“Pelaku juga diancam dengan pasal 6 tentang undang-undnag terorisme dengan ancaman hukuman di atas 15 tahun penjara. Tapi nanti penyidik yang mengatur nanti pasal mana yang pas bagi tersangka,” ujarnya.

Diketahui sebelumnya, pelaku yang diketahui seorang PNS ini pernah melakukan aksi teror di 10 bank di Kota Ambon pada dua pekan lalu. Dalam surat ancaman itu, pelaku mengaku bahwa dia merupakan bagian dari ISIS. Pelaku meminta sejumlah uang dengan ancaman jika tidak diberikan maka bank-bank tersebut akan diledakkan. (Evi Indria/Foto: beritalima.com)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: