Tari Maranting Ramaikan Penutupan “Lovely Desember 2018” di Tana Toraja

Event yang berlangsung selama sebulan penuh tersebut mendapat apresiasi serta dukungan penuh pemerintah guna meningkatkan pariwisata di Tana Toraja
, Majalah Kartini | 31/12/2018 - 09:30

MajalahKartini.co.id – Gelaran event yang memamerkan ragam kekayaan Toraja, Lovely Desember 2018 akhirnya ditutup pada Minggu (30/12). Tari Maranting yang dibawakan secara kolosal oleh puluhan penari pun menarik perhatian ratusan pengunjung yang memadati acara yang berlangsung di Plaza Toraja, Kabupaten Tana Toraja ini.

“Kekayaan budaya Toraja memang sudah tak diragukan. Kekayaan ini semakin melengkapi berbagai keunikan lainnya yang menjadi nilai jual lebih bagi pariwisata Toraja,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam keterangan tertulisnya (30/12). Eksotisme Toraja makin terlihat dengan tampilnya berbagai alat musik tradisional Toraja seperti Pa’pompang, Pa’tulali, Pa’pelle, Passuling, hingga Pa’geso-geso’. Semua alat musik tersebut sukses menghibur wisatawan lokal maupun internasional.

Lovely Desember 2018 sukses digelar selama sebulan penuh dengan sajian penuh warna. Mulai dari gelaran keagamaan, seni, budaya, kuliner, dan sport tourism dirangkum menjadi satu.”Lovely Desember merupakan rangkuman kekayaan budaya Toraja yang eksotis. Meskipun tahun depan berubah nama, saya berpesan untuk tetap menampilkan kekayaan budaya Toraja karena ini merupakan modal kuat untuk mendatangkan wisatawan. Pemilihan namanya pun harus sesuai mencerminkan kekayaan budaya Toraja,” ujar Ketua CoE Kemenpar, Esthy Reko Astuti yang hadir dalam penutupan event tersebut.

Ia juga menegaskan komitmen Kemenpar untuk mendukung pariwisata Toraja. Terlebih Presiden Joko Widodo telah berkomitmen untuk membangun aksesibilitas Toraja sehingga wisatawan lebih mudah masuk ke sana. Seperti diketahui, belum lama ini juga Presiden Jokowi mengunjungi event “Lovely Desember 2018” di Tana Toraja. (*)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: