Tanggapan Presiden Jokowi Atas Bebasnya Ahok Hari Ini!

Apakah Ahok akan kembali terjun ke dunia politis pasca bebas?
, Majalah Kartini | 24/01/2019 - 09:00

MajalahKartini.co.id – Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sempat mengalami masalah hukum dengan terjerat kasus penistaan agama ketika kampanye pemilihan Gubernur DKI Jakarta beberapa tahun lalu. Usai menjalani pemeriksaan dan menyelesaikan 2 tahun hukuman penjara, akhirnya kini tiba masa pembebasan dirinya. Ahok resmi bebas dari tahanan pada tanggal 24 Januari 2019 atau hari ini (24/1). Sempat berpasangan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), ketika Pak Jokowi memangku jabatan Gubernur DKI Jakarta, tentu Ahok bukan orang asing bagi orang nomor satu tersebut. Bagaimana tanggapan Presiden Jokowi terkait bebasnya Ahok?.

“Ini kan Pak Ahok sudah menjalani proses hukum. Pak Ahok juga sudah menjalani hukuman dan besok sudah bebas. Ya terserah Pak Ahok,” terang Presiden Jokowi saat ditemui seusai perayaan hari ulang tahun Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Hotel Grand Sahid, Jakarta (23/1).

Meski sempat menjadi pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Presiden Jokowi mengaku belum ada rencana bertemu dengan Ahok. “Belum ada rencana,” tandasnya mantap.

Selain Presiden Jokowi, Cawapres yang menjadi pasangan Jokowi di Pilpres 2019, KH Ma’ruf Amin turut memberikan komentarnya. Mengingat dulu KH Ma’ruf Amin adalah sosok berpengaruh terkait kasus Ahok, karena jabatan beliau sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Ya biasa saja. Dia sudah menjalani sesuai dengan apa namanya, putusan, dan dia sudah patuh menjalani hukuman itu. Dan itu saya kira bagus,” kata Ma’ruf Amin kepada wartawan di lapangan GOR Tuban, Jalan Sunan Kalijogo, Jawa Timur (23/1).

Sedangkan jadwal kegiatan Ahok pasca bebas dibeberkan oleh mantan pasangannya pada cagub-cawagub DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat. “Ya jadi dalam waktu dekat Pak BTP akan jalan-jalan lebih dahulu. Liburan,” ujar Djarot dalam wawancara live di studio CNN Indonesia TV  (23/1).

Liburan diawali dengan pulang kampung ke Belitung. Di situ, lanjut Djarot, Ahok akan berziarah. “Apalagi sebentar lagi kan imlek. Abis itu mengunjungi tempat-tempat wisata. Mau ke Bali. Mau menikmati bunga Sakura di Jepang,” kata Djarot.

Tak Hanya itu, menurut Djarot Ahok juga akan menjadi pembicara di luar negeri. Ahok akan berbicara sebagai mantan gubernur DKI Jakarta. “Diundang berbicara ke Australia lalu ke New Zealand. Kapasitasnya sebagai orang yang punya pengalaman jadi gubernur, pernah menata Jakarta. Tentang komitmen beliau dalam memberantas korupsi, dan lain-lain,” tutur Djarot. (*)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: