Takjub Melihat Peninggalan Sejarah di Klenteng Sam Poo Kong

Ada banyak destinasi menarik yang dapat Anda sambangi saat berada di Semarang, salah satunya adalah klenteng peninggalan Laksamana Cheng Ho berikut ini.
, Majalah Kartini | 01/09/2018 - 10:00

MajalahKartini – Sebagai ibukota Jawa Tengah, Semarang kerap menjadi destinasi wisata banyak orang. Jika Anda berkesempatan mengunjungi kota Lumpia ini, maka jangan lupa mampir ke bangunan terkenal peninggalan sejarah di Semarang, Klenteng Sam Poo Kong.

Menyambangi petilasan atau tempat persinggahan pertama Laksamana Cheng Ho yang berasal dari Tiongkok adalah keharusan saat Anda berada di Semarang. Klenteng bersejarah tersebut bernama Klenteng Sam Poo Kong atau biasa juga disebut Gedung Batu, karena bentuknya merupakan sebuah Gua Batu besar yang terletak pada sebuah bukit batu. Seperti umumnya bangunan klenteng, Kuil Sam Poo Kong didominasi warna merah menyala dengan berbagai lampion merah yang menghiasinya. Bangunan inti dari klenteng ini adalah Goa Batu yang dipercaya sebagai tempat awal mendarat dan markas Laksamana Cheng Ho beserta anak buahnya ketika mengunjungi Pulau Jawa di tahun 1400-an. Sesungguhnya, goa yang asli telah tertutup longsor pada tahun 1700-an, kemudian dibangun kembali oleh penduduk setempat sebagai penghormatan kepada Cheng Ho. Kini, di dalam goa tersebut terdapat patung Laksamana Cheng Ho yang berlapis emas. Kisah perjalanan Laksamana Cheng Ho pun dapat kita nikmati dengan melihat relief pada dinding Klenteng.

Selain Goa Batu, Anda juga dapat berkeliling untuk melihat bangunan lainnya, seperti Klenteng Thao Teekong – bangunan ini difungsikan sebagai tempat pemujaan Dewa Bumi, Kyai Juru Mudi – makam dari juru mudi kapal yang ditumpangi Laksamana Cheng Ho, Kyai Jangkar – di area ini terdapat jangkar asli dari kapal Laksamana Cheng Ho, Kyai Cundrik Bumi – tempat penyimpanan segala jenis senjata milik awak kapal Laksamana Cheng Ho, serta Kyai dan Nyai Tumpeng – tempat bahan makanan pada masa Laksamana Cheng Ho.

Waktu terbaik untuk mengunjungi destinasi wisata yang berlokasi di Jalan Simongan Raya No. 129, Semarang ini adalah pada sore hari. Anda dapat puas berfoto dengan latar belakang bangunan khas Tiongkok. Agar lebih maksimal, Anda dan keluarga juga dapat foto menggunakan pakaian tradisional bangsa Tiongkok dengan biaya sewa kostum sebesar Rp 100.000,- per orang. Sedangkan untuk tiket masuk Klenteng Sam Poo Kong adalah, Rp 5.000,- untuk dewasa dan Rp 3.000,- untuk anak-anak (hari biasa), Rp 8.000,- untuk dewasa dan Rp 5.000,- untuk anak-anak (akhir pekan atau hari libur). (*)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: