Lebih Sehat & Bugar Lewat Skipping!

Salah satu olahraga praktis sekaligus menyenangkan, skipping dapat menjadi alternatif Anda menjaga stamina dan kesehatan.
, Majalah Kartini | 15/02/2019 - 09:00

MajalahKartini.co.id – Olahraga satu ini merupakan olahraga yang mudah, murah, dan menyenangkan. Selain hanya membutuhkan alat skipping, Anda pun dapat melakukannya kapanpun dan di manapun, sangat praktis. Meski tanpa banyak effort, namun olahraga satu ini jika dilakukan secara rutin juga memiliki beragam manfaat luar biasa. Beberapa di antaranya disebutkan di bawah ini!

Mengencangkan otot. Secara teratur olahraga skipping memberikan manfaat berupa yang dapat semakin kencang, hal ini sebagai efek dari lompatan yang dilakukan. Otot dapat semakin kencang dan kuat, terutama pada otot kaki dan otot bagian bawah tubuh. Selain juga otot bagian atas tubuh seperti lengan dan bahu, hal ini karena tangan yang bekerja sebagai poros dari putaran tali. Dengan melakukan skipping, dapat semakin memperkuat otot lengan dan kaki.

Menurunkan Berat Badan. Olahraga skipping yang dilakukan selama satu jam, membakar kalori dalam tubuh sekitar 1000 kalori. Selain itu, juga membakar lemak di dalam tubuh, yang nantinya dikeluarkan bersama keringat.
Dengan begitu, bagi orang yang srdang menjalankan program diet, skipping bisa menjadi pilihan bagus untuk dilakukan secara rutin. Skipping jika dilakukan secara teratur, memberikan efek berupa pembakaran sejumlah kalori di dalam tubuh, sehingga cadangan lemak yang disimpan di dalam jaringan lemak (yang ada di beberapa bagian tubuh) akan diambil. Sehingga, membuat tubuh akan mengalami penurunan bobot tubuh menjadi ideal.

Meningkatkan Fertilitas. Kondisi pola menstruasi yang tidak teratur menjadi sebuah masalah, yang mempengaruhi organ reproduksi wanita. Masalah yang sangat dikhawatirkan adalah kesulitan dalam mendapatkan keturunan. Olahraga skipping mampu membantu memperbaiki fungsi reproduksi, yang termasuk meningkatkan fertilitas.

Mencegah Osteoporosis. Osteoporosis merupakan sebuah masalah berupa kerapuhan atau pengeroposan organ tulang. Olahraga skipping yang dilakukan memberikan manfaat berupa menjaga kepadatan tulang. Dengan rutin olahraga skipping, sangat penting untuk menurunkan resiko terkena pengeroposan tulang (osteoporosis).

Meningkatkan Kinerja Otak. Skipping yang dilakukan berisi kombinasi dari irama gerakan lompatan dan ketepatan dalam melewati rintangan (tali). Terbiasa melakukan skipping memberikan rangsangan pada otak agar bekerja lebih cepat dan tepat dalam mengkalkulasikan gerakan melompat. Olahraga skipping melatih otak untuk terbiasa bekerja cepat dan tepat. Skipping yang dilakukan barisi pelatihan koordinasi tubuh yang baik, kemampuan refleks (gerak) serta keseimbangan tubuh, yang semua itu berkaitan dengan melatih otak.

Kesehatan jantung. Skipping menjadi salah satu bentuk terbaik dari jenis latihan cardio, yang memberikan kontribusi untuk kesehatan jantung. Organ kardiovaskular termasuk jantung, bersama dengan arteri dan vena yang membantu darah dan oksigen beredar antara jantung dan organ-organ tubuh lainnya. Hal ini sangat baik untuk kesehatan organ tubuh, terutama organ vital jantung.

Menghilangkan toksin dalam tubuh. Olahraga skipping yang dilakukan membuat pori-pori tubuh mengeluarkan keringat, yang membuat racun bisa dibuang dari tubuh secara maksimal. Proses detoksifikasi (pembuangan racun dari dalam tubuh) sangat penting guna mencegah penyakit yang timbul karena polutan, racun dan zat berbahaya dari makanan yang dikonsumsi. (*)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: