Sri Mulyani Tegaskan Pentingnya Perempuan dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

Seminar bertajuk “Empowering Women in the Workplace” merupakan salah satu acara dari rangkaian perhelatan tahunan International Monetary Fund (IMF) dan World Bank di Bali.
, Majalah Kartini | 10/10/2018 - 12:00

MajalahKartini.co.id – Perhelatan tahunan International Monetary Fund (IMF) dan World Bank sudah dimulai dengan memilih lokasi di Bali, Indonesia. Dari banyak rangkaian acara yang dijadwalkan, ada satu acara yang menarik bagi perempuan yakni seminar bertajuk “Empowering Women in the Workplace”. Dalam seminar yang berlangsung di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali (9/10) tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan perempuan sangat berperan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di sebuah negara. Karena itu peran perempuan dalam sebuah pekerjaan harus ditingkatkan.

“Yang pertama harus dipahami dari sebuah negara itu harus ditingkatkan partisipasi tenaga kerja perempuan, baik untuk perekonomian, untuk perempuan dan untuk keluarganya,” tegas Sri Mulyani. Sri Mulyani  juga menambahkan saat ini di beberapa negara masih banyak yang melarang perempuan untuk bekerja dan mendapatkan penghasilan. Menurutnya, ada banyak hambatan yang dihadapi perempuan untuk menjadi mandiri dan percaya diri. Selanjutnya, Sri Mulyani menceritakan perempuan disebut memiliki ‘batas waktu’ untuk bekerja. Karena jika perempuan sudah menikah maka ia akan mengandung dan mengurus bayi. “Sebenarnya ini bukan hambatan untuk seorang ibu yang bekerja, hanya saja dibutuhkan dukungan dan kebijakan yang bisa membantu perempuan agar lebih baik,” jelasnya mantap.

Sedangkan Managing Director IMF Christine Lagarde menyampaikan saat ini di dunia masih kental dengan patriarki. Padahal perempuan juga memiliki hak yang sama untuk bekerja di luar rumah. “Banyak di dunia perempuan itu didiskriminasi, misalnya tidak dapat warisan karena yang dapat harus laki-laki. Dilarang bekerja, padahal itu hak sebagai perempuan,” ujar Christine.

Sementara Deputi Gubernur Senior Bank of Canada Carolyn Wilkins menjelaskan memang banyak pekerjaan di Kanada yang didominasi oleh laki-laki, misalnya dalam bidang financial technology. Padahal, menurut dia perempuan juga memiliki kesempatan yang sama untuk bekerja di bidang teknologi. “Peluang untuk perempuan bekerja di financial technology sangat besar. Karena saya yakin, perempuan juga mampu untuk mengerjakan sesuatu yang lebih besar,” pungkas Carolyn. (*)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: