Spesies Kera Terancam Punah

Penyebabnya adalah perburuan, perdagangan hewan peliharaan ilegal, dan hilangnya habitat akibat pembabatan hutan.
, Majalah Kartini | 21/01/2017 - 19:00

Spesies Kera Terancam Punah
MajalahKartini.co.id – Nampaknya, anak cucu kita kelak mengenal spesies kera hanya lewat gambar. Menurut penelitian, sekitar 60 persen spesies primata terancam punah. Penyebabnya karena aktivitas manusia yang berlebihan.

“Ini masa-masa terakhir bagi makhluk primata,” kata profesor antropologi Paul Garber dari University of Illinois seperti yang dikutip dari AFP, Jumat, 20 Januari 2017.

Peneliti melaporkan sekitar 60 persen spesies primata terancam punah. Sedangkan 75 persen spesies hewan lain mengalami penurunan populasi. Hanya beberapa ribu yang masih tersisa dalam beberapa spesies kukang, monyet, dan kera. Di antaranya ada kukang ekor cincin, monyet colobus merah Udzunga, monyet hidung pesek Yunnan, dan gorila Grauer.Menurut laporan, hanya ada 30 siamang Hainan yang masih hidup di China.

Penyebabnya adalah perburuan, perdagangan hewan peliharaan ilegal, dan hilangnya habitat akibat pembabatan hutan. “Primata-primata ini hanya bertahan hidup di hutan-hutan di berbagai negara seperti China, Madagaskar, Indonesia, Tanzania dan Republik Demokratik Kongo,” kata Garber.

Sayangnya, kata Garber, banyak spesies primata yang akan punah dalam 25 tahun ke depan. Manusia bisa mencegah kepunahan dengan menjadikan konservasi sebagai prioritas global. Salah satu solusinya, menurut para peneliti, adalah mengendalikan pertumbuhan populasi manusia guna membatasi perambahan wilayah primata. (Sundari/Foto: Shutterstock)

Tags: , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: