Silvia Halim, Perempuan Brilian Dibalik MRT Jakarta

Ternyata ada sosok perempuan brilian di posisi proyek MRT Jakarta. Ia adalah Silvia Halim, Direktur Konstruksi MRT Jakarta.
, Majalah Kartini | 28/03/2019 - 14:00

Foto: Instagram

MajalahKartini.co.id – Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta yang telah beroperasi kini menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia khususnya DKI Jakarta. Antusias masyarakat terhadap moda transportasi yang cepat, aman, dan nyaman ini membuat banyaknya pertanyaan mengenai MRT.

Salah satu pertanyaan di benak masyarakat ialah, siapa di balik munculnya MRT. Ternyata ada sosok perempuan brilian di posisi proyek tersebut. Ia adalah Silvia Halim, Direktur Konstruksi MRT Jakarta. Berikut beberapa fakta mengenai Silvia Halim;

Baca Juga: MRT Resmi Beroperasi

  1. Menuntut ilmu di Singapura, Silvia mampu menyelesaikan pendidikannya di Jurusan Teknik Sipil di Nanyang Technological University (NTU). Ia mengambil pendidikan civil engineering karena ilmu tersebut ia suka pelajari dan telah membawanya pada sebuah pekerjaan di mana ia bisa berkarya, dan bisa melayani serta membuat perbedaan bagi orang lain.
  1. Setelah bolak-balik mengurusi masalah konstruksi di negeri Singapura, ia memberanikan diri melamar dalam proyek MRT Jakarta. Pasca kelulusannya, sudah 12 tahun Silvia menangani beragam proyek pembangunan di Singapura. Meski portofolionya bagus, ia tetap menjadi pribadi rendah hati. Keberadaannya di proyek MRT Jakarta saja, lantaran ia melamar. Selanjutnya, ia mengikuti diskusi serta beberapa tahapan interview. Barulah ia dipercaya dalam posisi yang sekarang.
  1. Bukan cuma kemampuan yang mumpuni, perempuan ini juga memiliki kepemimpinan yang diakui tim kerjanya sangat baik. Sebagai direktur perempuan pada sebuah proyek, Silvia tidak lupa menjadi sosok pemimpin yang baik. Silvia menekankan semangat, passion, resilience, persistence, curiousity, conviction, idealism, dan strong teamwork. Menurutnya, itu yang membuat ia dan tim memiliki apa yang diperlukan masyarakat dan bisa mewujudkannya.
  1. Silvia mengajarkan semua orang, khususnya perempuan agar tak sungkan mengeluarkan pendapat dan menghargai usulan yang disampaikan. “Saya percaya bahwa kita perlu untuk berhenti mendefinisikan apa yang seharusnya dan tidak seharusnya untuk seorang perempuan. Berhenti mengkotak-kotakkan dan membatasi diri kita,” pesannya.

Foto: Istimewa

Kini, proyek MRT yang ia buat sudah dapat dirasakan orang banyak. Semua orang berlomba-lomba merasakan fasilitas baru yang digadang-gadang memecah kemacetan tersebut. Sekali lagi, ada pesan positif dari sosok brilian ini. “Mulailah jalani cita-cita kita dan biarkan saudara-saudara (perempuan) kita untuk berkembang tanpa terhambat dengan batasan-batasan itu, sehingga kita dapat menjadi siapa pun yang kita inginkan dan menjadi diri kita yang terbaik,” terang Silvia.(*)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: