Siasati Hunian Minim Lahan untuk Ruang Makan

Meski hunian Anda tidak cukup luas, tetapi ada banyak cara untuk mendesain ruang makan mungil nan menarik.
, Majalah Kartini | 15/09/2018 - 12:00
MajalahKartini.co.id – Jika Anda memiliki hunian dengan lahan tidak cukup luas, maka menentukan ruang makan kerap menjadi masalah. Minimnya ruang mengharuskan Anda pintar menyiasati menentukan area santap keluarga tetap eksis dengan tatanan yang tak kalah menarik.
Ruang makan adalah area bersantap atau menikmati hidangan dalam setiap sesi makan keluarga. Dulu, ruang ini terbilang sakral atau penting, karena umumnya keluarga besar berkumpul dan menikmati acara makan bersama-sama dalam satu meja panjang yang formal. Namun, kini seiring perkembangan zaman, gaya ruang makan konvensional tersebut sudah terbilang kuno dan banyak ditinggalkan. Gaya keluarga yang akrab dan hangat, justru membutuhkan desain ruang makan yang intimate tanpa banyak bentuk baku di dalamnya. Seorang interior stylist muda, Astried, mengemukakan kepada KARTINI bagaimana menata ruang makan kekinian sekaligus hemat ruang.
Pintar Memilih Furnitur
“Untuk mengisi ruang makan yang kecil, hindari penggunaan furnitur yang berukuran besar dan memakan tempat. Pilihlah kursi makan yang ramping, baik yang terbuat dari kayu maupun plastik,” tegas Astried. Maka, lupakan konsep ruang makan megah ala jamuan makan bergaya Eropa, pilihlah pernik ruang yang minimalis tetapi tetap catchy dan berkarakter. “Misalnya, Anda dapat memilih meja bundar dibandingkan meja panjang. Untuk kursi, pilih kursi ramping tanpa sandaran tangan. Jika ingin gaya berbeda, Anda juga dapat memadupadankan beragam desain kursi yang menarik,” tutur Astried. Selain pintar memilih desain kursi dan meja, Anda juga tidak perlu memenuhi ruang makan dengan lemari makan atau kabinet besar yang memakan banyak tempat. “Jika Anda memerlukan tempat untuk meletakkan perabot makan, maka siasati dengan mendesain built-in sofa di mana di bagian bawahnya terdapat tempat untuk meletakkan beragam peranti makan,” papar Astried. Jika Anda memilih built-in sofa untuk ruang makan, pastikan posisi ruang makan berada di pojok ruangan atau sisi jendela agar ruangan tak tampak penuh. Lalu pastikan built-in sofa hanya sebagian saja yang menempel di dinding ruang atau jendela, sedangkan bagian depannya padukan dengan kursi ramping bergaya minimalis atau ottoman.
Pemilihan Warna
Ruangan kecil kerap menghindari warna-warna bold yangdapat membuat ruang tampak menjadi lebih sempit. Oleh karena itu, selain memastikan area bersantap Anda tidak memiliki sekat antar ruang, berhati-hati pula dalam penerapan warna. “Jika Anda ingin menampilkan sisi modern dan ceria, maka Anda dapat memilih warna-warna kontras pada kursi makan, namun ingat tetap dengan desain minimalis. Pastikan warna tersebut tidak lebih dari empat warna atau mendominasi keseluruhan ruang,” jelas Astried. Warna-warna cerah, seperti kuning, pink, atau hijau dapat menjadi intermezzo dari area makan, namun tetap usahakan warna dasar yang mendominasi adalah warna-warna bumi yang lembut, seperti putih tulang, krem, atau semacamnya. Jika Anda memilih konsep nature atau alam, maka warna cokelat, krem dipadukan dengan materi furnitur dari bambu atau materi kayu juga dapat menjadi alternatif penataan ruang makan.
Pernik Menarik
Dalam setiap ruang atau area dalam hunian tentu tak lepas dari hiasan atau pernik yang menyempurnakan keseluruhan tatanan, tetapi berhati-hatilah dalam menentukan pernik untuk ruang makan minim lahan. Hindari pernik atau peranti yang tak penting, pilihlah pernik atau hiasan yang tepat guna sekaligus tidak memakan tempat. “Jauhkan meja makan Anda dari berbagai peranti atau hiasan meja yang tidak penting, seperti hiasan buah-buahan, tempat sendok dan garpu, atau sejenisnya. Letakkan peralatan makan di kabinet dan jangan di atas meja makan, karena hanya menambah penuh area. Jika ingin menghias area makan agar tampak stunning, Anda dapat menyiasati dengan pemilihan lampu gantung yang menarik. Atau Anda dapat juga memilih tanaman hias dalam ruang yang diletakkan di pojok area. Selain itu, satu buah lukisan besar yang menjadi sentral perhatian juga dapat mempercantik ruang tanpa harus membuatnya berlebihan beban,” jelas Astried panjang lebar.
Gaya Mini Bar
Sama sekali lahan hunian Anda tidak menyisakan tempat untuk menghadirkan ruang makan dengan area sendiri? Maka masih ada cara lain untuk menyiasatinya, yakni dengan mendesain dapur atau pantry serbaguna. “Letakkan island table atau meja panjang yang menyatu dengan kitchen set pada dapur. Lalu Anda cukup menambahkan beberapa barstool di depannya. Maka, voila! Area makan sudah tersedia tanpa memerlukan ruang atau area sendiri,” jelas Astried. Gaya area bersantap seperti mini bar pun kini tengah menjadi tren dan banyak digandrungi. Konsep simpel yang akrab membuat banyak orang menjatuhkan pilihan desain area makan dengan gaya satu ini. “Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Maksudnya, dengan satu konsep penataan, Anda sekaligus dapat banyak manfaat, selain hemat lahan juga gaya area makan yang keren,” ujar Astried diiringi senyum menutup obrolan (*)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: