Yuk Kenali Obesitas Pada Anak Sebelum Terlambat

Obesitas tidak hanya menyerang orang dewasa tetapi juga anak-anak. Oleh karena itu, para orang tua wajib mengetahui apa saja bahaya obsitas pada anak sebelum terlambat.
, Majalah Kartini | 01/07/2019 - 15:20

MajalahKartini.co.id – Melihat anak kecil yang memiliki tubuh yang gemuk tentu saja sangat menyenangkan karena terlihat lucu dan menggemaskan. Namun, sadarkah anda bahwa anak yang kegemukan akan beresiko terkena obesitas. Obesitas pada anak terjadi saat berat badan mereka jauh melebihi berat normal berdasarkan tinggi badan.

obesitas

sumber : istimewa

Banyak faktor yang menjadi penyebab anak menjadi obesitas diantaranya karena faktor genetis, gaya hidup seperti kerap mengonsumsi makanan yang kurang sehat serta faktor psikologis. Banyak kebiasaan sehari-hari yang tidak sadar menjadi salah satu pemicu kegendutan pada anak, seperti kebiasaan makan di depan TV.

Jika hal seperti ini tidak cepat ditangani, akan banyak bahaya yang mengintai sehingga berdampak pada kesehatan sang anak, seperti sang anak akan menderita tekanan darah tinggi, penyakit pernapasan, gangguan pola tidur hingga gangguan pada tulang.

Tidak hanya masalah kesehatan, gangguan psikologis juga akan terlihat pada anak yang mengalami obesitas seperti anak merasa tidak percaya diri dan merasa depresi.

Orang tua patut mengingat dan memahami bahwa obesitas berbeda dengan sekadar kelebihan berat badan. Penentuan diagnosis anak yang menderita obesitas perlu dilakukan dengan sangat hati-hati.

Dibandingkan harus terburu-buru memustuskan, langkah paling awal jika Anda khawatir bahwa anak Anda mengidap obesitas adalah dengan memeriksakannya ke dokter agar dia mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

Baca Juga : 5 Tips Atasi Tantrum Pada Anak

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: