Untuk Para Calon Ibu, Cek Cara Berikut Untuk Menjaga Kesehatan Rahim

Sebelum hamil, yuk cek dulu kesehatan rahim anda.
, Majalah Kartini | 05/07/2019 - 12:26

MajalahKartini.co.idPara perempuan yang telah menginjak usia 20 tahun sudah harus memperhatikan kesehatan rahimnya karena nantinya ia akan menjadi seorang ibu. Untuk Itu, para wanita juga dianjurkan untuk mengecek kondisi rahim secara berkala, setidaknya 3 tahun sekali karena rahim merupakan tempat berkembangnya janin. Selain melakukan pmeriksaan secara berkala, beberapa cara dibawah ini juga akan membantu menjaga kesehatan rahim anda. 

kesehatan rahim

sumber: istimewa

1. Kebiasaan Menahan Buang Air Kecil

Kebiasaan buruk yang satu ini wajib dihindari karena urin mengandung banyak bakteri dan menjadi penyakit pada saluran kemih. Jika terjadi infeksi, hal ini kemudian bisa menjalar ke vagina hingga rahim. Tidak hanya itu, saluran kandung kemih yang sering menampung urin dapat menyebabkan adanya tekanan pada rahim.

2. Berat Badan

Berat badan juga menjadi salah satu foktor yang penting karena berat badan yang ideal akan berdampak baik pada kesehatan rahim. Hal itu dikarenakan, berat badan turut berpengaruh pada kestabilan kadar hormon esterogen yang berdampak pada kesuburan kewanitaan.

3. Mengatur Pola Makan

Asam fosfat dan beta karoten menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rahim. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, anda bisa mendapatkannya dari sumber biji-bijian dan sayuran seperti brokoli dan wortel.

4. Olahraga Secara Rutin

Yoga dan renang menjadi salah satu pilihan olahraga yang bermanfaat untuk menjaga agar rahim anda tetap sehat. Selain itu, yoga juga menjadi olahraga yang efektif untuk melatih fleksibilitas tubuh , sehingga hal ini pun dapat membantu memperlancar persalinan.

5. Atur Pola Tidur

Menjaga agar pola tidur tetap teratur tidak hanya baik bagi tubuh dan otak, tetapi juga baik untuk rahim. Pola tidur yang baik mampu membuat hormon reproduksi dalam vagina maupun rahim dalam tubuh akan menjadi lebih stabil, sehingga fungsi rahim pun akan menjadi lebih optimal.

Baca Juga : Miliki Keturunan dengan Metode Transplantasi Rahim

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: