Ternyata Makanan Khas Jawa Timur ini Jadi Makanan Favorit Ani Yudhoyono

Tidak hanya menggemari makanan dari luar negeri, masakan khas Jawa Timur yang satu ini juga menjadi favorit Ani Yudhoyono.
, Majalah Kartini | 14/06/2019 - 12:34

MajalahKartini.co.id – Tutup usia pada Sabtu (1/6/2019) karena menderita kanker darah, Ani Yudhoyono yang memiliki hobi fotografi dan bercocok tanam ini ternyata memiliki menu makanan sendiri yang menjadi andalan menu favoritnya.

ani yudhoyono

sumber : Instagram@Aniyudhoyono

Ani Yudhoyono yang lahir pada 6 Juli 1952 di Yogyakarta ini ternyata diketahui menggemari makanan khas Jawa Timur yakni Lorjuk. Lorjuk sendiri merupakan sebutan untuk hewan karang laut bercangkang yang panjang tubuhnya mencapai 3 cm. Karena bentuknya yang unik

Di Jawa Timur, lorjuk ini kemudian diolah dengan banyak cara mulai dari direbus, digoreng, dipepes, ditumis, hingga dijadikan soto. Dari berbagai macam olahan masakan lorjuk, soto lorjuk adalah yang paling popular. Disebut dengan “campur lorjuk” soto lorjuk memiliki rasa manis dan gurih.

Memiliki Rumah Makan Favorit

Kesukaan mantan ibu negara terhadap makanan yang satu ini diungkakpkan oleh Minarsih, yang juga merupakan staf Galeri Surabaya. Dikutip dari kompas.com, Minarsih mengungkapkan kelurga SBY di Surabaya memiliki rumah makan favorit mereka yakni Restoran Mutiara, Surabaya.

Restoran yang berdiri sejak tahun 1985 ini pun disebut-sebut menjadi rumah makan favorit Ani. Lorjuk pun menjadi menu andalan yang dipesan oleh istri Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono ketika dirinya tengah berkunjung ke restoran ini. “Lorjuk makanan favorit Bu Ani dan Mas Ibas. Kalau ke Surabaya, mereka pasti mampir makan di sini,” jelas Minarsih.

Tidak hanya menyukai lorjuk, Ani ternyata juga menyukai kuliner lain seperti cabe rawit dan aneka sambil. Sedangakan untuk kuliner dari luar negeri, Ani diketahui menyukai makanan asal Inggris yakni fish and chips.

Baca Juga : Ini Deretan Perjuangan Ani Yudhoyono Melawan Penyakit Kanker Darah yang Dideritanya 

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: