Pekerja Perempuan Lebih Rentan Terkena Stres

Menurut sebuah survei, pekerja perempuan ternyata lebih mudah stres dibandingkan dengan para pekerja laki-laki.
, Majalah Kartini | 30/04/2019 - 22:42

 

Pekerja Perempuan

Foto: Istimewa

MajalahKartini.co.id Seberapa besarkah kemampuan para pekerja perempuan menahan stres dari pekerjaan mereka? Pekerjaan dinilai menjadi salah satu penyebab stres bagi banyak orang. Padahal, perempuan zaman milenial lebih banyak yang bekerja dibandingkan menjadi ibu rumah tangga.

Seperti yang dilansir dari kompas.com, sebuah penyedia jasa kesehatan Cigna Corporation merilis hasil survei global Skor Kesejahteraan 360° pada Selasa (26/3/2019). Survei dilakukan di 22 negara termasuk Indonesia. Hasil survei mengatakan bahwa para perempuan pekerja lebih merasa stres dibandingkan laki-laki yang bekerja.

Baca juga : Sri Mulyani Tegaskan Pentingnya Perempuan dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

Hasil survei yang khusus dilakukan di Indonesia mengungkapkan, bahwa prosentase perbandingan  tingkat stres perempuan bekerja dengan  pria bekerja adalah 84 persen berbanding 76 persen. Hasil survei yang diikuti oleh 13.200 responden ini mengatakan bahwa ada beberapa faktor menjadi penyebab mengapa perempuan lebih merasa stres dibandingkan laki-laki.

Program Kesejahteraan Perempuan

Mayoritas responden perempuan di Indonesia merasa bahwa program kesejahteraan karyawan hanya untuk memberikan manfaat secara umum. Padahal menurut mereka, seharusnya program kesejahteraan khusus bagi pekerja perempuan harus diadakan. Salah satunya adalah dengan program penambahan cuti.

Selain itu, kesulitan menyeimbangkan tugas sebagai seorang karyawan, ibu, dan anak menjadi salah satu faktor penyebab karyawan perempuan lebih mudah stres. Para wanita karier yang berusia matang ternyata mengalami kendala saat mengurus anak dan menjaga orangtua sambil berkarier dalam waktu bersamaan.

 

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: