Kenali Beda Tahi Lalat Normal Dengan Tahi Lalat Kanker Kulit

Gunakan cara “ABCDE” untuk membedakan apakah tahi lalat di tubuh anda normal atau tidak.
, Majalah Kartini | 08/07/2019 - 13:52

MajalahKartini.co.id – Hampir semua orang memiliki tahi lalat. Pada dasarnya tahi lalat ini merupakan hasil pigmentasi warna pada kulit secara berkelompok, sehingga sangat wajar jika seseorang bisa memiliki lebih dari satu tahi lalat pada tubuhnya.

kanker kulit

sumber : istimewa

Namun, tahukah anda jika kanker kulit juga memiliki ciri-ciri sprit tahi lalat? Anda wajib hati-hati karena tahi lalat yang muncul tiba-tiba bisa juga berubah menjadi kanker. Dikutip dari hallosehat, ada sebuah cara bernama“ABCDE” yang dapat digunakan untuk membedakan apakah tahi lalat di tubuh anda normal atau tidak.

Asymmetry (ukuran dan bentuk tidak simetris)

Tahi lalat normal umumnya memiliki bentuk simetris sempurna sehingga ukuran pinggirannya akan sama besar di bagian kiri dan kanan. Sdangkan tahi lalat gejala kanker kulit umumnya memiliki bentuk dan ukuran yang tak beraturan, karena sel pada salah satu sisinya bertumbuh lebih cepat daripada yang lain.

Border (pinggirannya tak rata)

Tepian tahi lalat normal akan memiliki batasan yang jelas. Anda bisa melihat di mana warna kulit Anda asli berakhir dan di mana warna kecokelatan khas tahi lalat dimulai. Tahi lalat kanker melanoma memiliki pinggiran yang acak dan tampak kabur, kadang bergerigi seperti seseorang yang mewarnai di luar garis.

Color (warna berbeda)

Tahi lalat normal memiliki warna yang solid dan sama rata di segala sisinya, cokelat tua saja atau cokelat muda saja, atau hitam pekat. Jika tahi lalat Anda memiliki corak warna yang beragam di satu lokasi, ini mungkin gejala kanker kulit melanoma. Tahi lalat kanker juga dapat menunjukkan bercak warna yang berbeda sama sekali di satu tempat, misalnya merah, putih, keabuan dalam satu tahi lalat.

Diameter (ukuran)

Tanda lahir yang normal akan tetap berukuran sama sepanjang waktu. Sebuah tahi lalat yang bertumbuh membesar tiba-tiba, lebih besar dari 6 mm, dapat menandakan kanker melanoma. Apalagi jika tahi lalat benar-benar baru muncul dan langsung membesar.

Evolve (berkembang dan berubah)

Tahi lalat yang berubah warna, ukuran, tekstur, dan bentuk sehingga terlihat sangat berbeda dibandingkan dari semua tahi lalat lain pada kulit Anda bisa menjadi gejala kanker kulit. Tahi lalat kanker kulit juga terasa gatal, atau bahkan dapat berdarah.

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: