Ini Kata Presiden Jokowi Soal Generasi Y

Presiden Jokowi mengingatkan semua pihak jika kemunculan generasi Y akan memberikan dampak perubahan pada sektor ekonomi dan politik.
, Majalah Kartini | 04/08/2017 - 17:01

Ini Kata Presiden Jokowi Soal Generasi Y

MajalahKartini.co.id – Kemunculan generasi Y begitu diperhitungkan oleh Presiden Joko Widodo atau biasa disapa Jokowi. Pasalnya kemunculan generasi tersebut sebagai pembawa perubahan dalam kurun 5-10 tahun kedepan. Selain itu akan begitu memengaruhi pasar baik politik maupun ekonomi Indonesia.

Generasi atau Gen Y Dikenal dengan sebutan generasi millenial atau milenium. Lahir antara tahun 1981 – 1994. Ungkapan generasi Y mulai dipakai pada editorial koran besar Amerika Serikat pada Agustus 1993. Generasi ini banyak menggunakan teknologi komunikasi instan seperti email, SMS, instant messaging dan media sosial seperti facebook dan twitter. Mereka juga suka main game online.

“Perlu saya ingatkan kepada kita semuanya bahwa 5-10 tahun yang akan datang, sekarang sudah muncul generasi Y yang 5-10 tahun lagi akan mempengaruhi pasar, akan mempengaruhi landskap politik dan ekonomi kita. Akan terjadi perubahan yang sangat besar. Transisi ini yang harus kita waspadai karena generasi Y ini akan mempengaruhi,” kata Presiden Jokowi, di Bali, seperti dikutip dari Antara, Jumat (4/8).

Gen-Y-di-mata-jokowi

Perlunya mengingatkan hal tersebut, Jokowi ingin menyadarkan bahwa perubahan global itu ada. Di mana, generasi Y itu, kata dia, nantinya tidak lagi membaca korang, tidak melihat televisi, tetapi pegangannya hanya satu, yaitu gadget, gawai, atau smartphone.

Perubahan inilah yang harus disadari, nantinya akan ada lanskap ekonomi baru dan lanskap politik baru, baik global maupun nasional, atau juga daerah. Maka dari itu, Jokowi ingin semua bersiap hadapi transisi seperti ini karena generasi Y itulah yang nantinya memengaruhi pasar, ekonomi, dan politik. (Foto: Atur Duit & Kompasiana)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: