Bandung Jadi Tuan Rumah Sumatra Barat Expo 2016

Kegiatan Sumatera Expo 2016 merupakan event tahunan yang sudah berjalan semenjak tahun 2011.
, Majalah Kartini | 19/11/2016 - 14:00

MajalahKartini.co.id – Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) akan menggelar Sumatra Barat Expo 2016 di Bandung pada 24 hingga 27 November 2016. Ajang pameran produk dan potensi unggulan Sumbar tersebut mengusung tema ‘Unique in Diversity’.

“Tahun ini kami akan berusaha mempromosikan keunikan Sumbar mulai dari sektor wisata, seni, budaya, kuliner, UKM, dan banyak hal lain,” ujar Luhur Budianda, Kepala Kantor Penghubung Sumbar di Jakarta, Senin (14/11).

Budi mengatakan Sumatra Barat Expo sudah digelar selama 4 kali. Tiga kali digelar di Jakarta dan satu kali digelar di Bali. Untuk gelaran kelima, Bandung terpilih menjadi lokasi pameran karena dianggap memiliki kedekatan karakter dengan masyarakat Sumbar. “Acara ini bertujuan mempromosikan Sumbar dan menunjukkan keunggulannya ke daerah lain dan mancanegara,” ujarnya.

Selain pameran, Sumatra Barat Expo 2016 akan menyuguhkan pergelaran seni dan budaya khas Minang. Selain itu, panitia juga akan membangun replika jam gadang setinggi lima meter untuk menarik pengunjung. Acara tersebut dibuka untuk umum dan tidak ditarik biaya masuk.

Pada tahun 2011, 2013 kegiatan ini dilaksanakan di Jakarta, tahun 2014 di Bali dan tahun ini rencananya akan diadakan di Bandung. Maksud dan tujuan diadakan kegiatan ini adalah sebagai upaya mempromosikan potensi unggulan Sumatera Barat yang terdiri dari 3 sektor yaitu pariwisata, investasi. perdagangan dan UMKM. Dari ketiga sektor ini diharapkan dapat mempertuas pasar dan juga meraih calon investor dan mitra bisnis untuk kemajuan Provinsi Sumatera Barat.

Peserta Sumatera Barat Expo tahun 2016 adalah SKPD terkait provinsi Sumatera Barat, Kabupaten l Kota se Sumatera Barat, BUMN l BUMD dan Mitra Binaan, ASlTA dan ASATI Sumatera Barat, PHRI Sumatera Barat, swasta, masyarakat dan pedagang kuliner dari Sumatera Barat.

Tahun 2016 akan digelar di Bandung karena dari sektor pariwisata dan kuliner Jawa Barat hampir sama dengan pasar Sumatera Barat. Kota Bandung dipilih sebagai pelaksanaan Sumatera Barat Expo tahun 2016, karena dan‘ sisi UMKM Bandung terkenal sebagai salah satu pusatnya inovasi dan kreatifltas yang tinggi dirilndonesia. Selain itu dari sis’i wisatawan domestic, Bandung pun memiliki potensi yang tinggi untuk dapat bekerja sama dan menjalin networking dengan peserta di Sumatera Barat Expo nantinya, sehingga diharapkan akan terjadi hubungan simbiosis mutualisme dengan pasar Sumatera Barat.

Pengunjung yang diharapkan akan hadir di Sumatera Barat Expo adalah perwakilan negara sahabat di Bandung, atase ekonomi dan investasi negara-negara sahabat di Indonesia, lembaga ekonomi dan investasi asing di Indonesia, pelaku ekonomi nasional, peminat budaya dan pariwisata Sumatera Barat, badan organisasi sosial masyarakat Minang, semua masyarakat perantau asal Sumatera Barat di Bandung, serta masyarakat Bandung dan wisatawan mancanegara.(Foto: Dok. Sumbar Expo 2016)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: