Alhambra, Peninggalan Islam yang Jadi Lokasi Syuting Drama Korea

Istana Alhambra merupakan bangunan bersejarah yang memiliki daya tarik arsitek unik, hingga dijadikan lokasi syuting drama Memories of Alhambra.
, Majalah Kartini | 10/05/2019 - 10:00

MajalahKartini.co.id – Drama korea Memories of Alhambra yang dibintangi Park Shin Hye dan Hyun Bin baru saja berakhir. Menjadi salah satu drama yang berhasil mendapatkan rating tinggi, drama yang satu ini mengambil lokasi syuting di bangunan ikonik istana Alhambra, Spanyol.

alhambra

Foto: Istimewa

Alhambra merupakan salah satu peninggalan sejarah yang masuk ke dalam cagar budaya. Dengan bangunan yang unik dan arsitektur menarik, istana ini pun menjadi tujuan utama para turis yang melancong ke kota Granada. Setiap hari Alhambra mendapati kunjungan 10 ribu orang atau hampir 2 miliyar orang dalam setahun.

Dijadikan Lokasi Syuting Drama Korea

Komplek istana yang didirikan di atas bukit seluas 13 hektar ini memiliki tiga bagian utama. Mereka adalah Mexuar, Comares, Hausyus Sibb (Taman Singa). Tempat ini pun menjadi tempat yang populer dan banyak dijadikan spot pengabmbilan foto bagi para turis. Tak terkecuali dalam drama Memories of Alhambra.

Istana yang berada di bukit Sabica kota Granada ini diperkirakan dibangun pada masa Sultan Muhammad bin Al-Ahmar. Ia berkuasa pada tahun 1232-1492 M. Pada masa itu, Islam merupakan agama utama di daratan Andalusia.

Baca Juga : Ini Lho 5 Drama Korea Berating Tinggi di Awal 2019

Setelah Islam cukup lama berkuasa, pada pertengahan abad 1491, Raja Ferdinand V mengepung Granada selama tujuh bulan. Ia berhasil menaklukkan beberapa tempat penting di Andalusia. Hingga akhirnya pada tahun 1492, Granada beserta istana ini pun ikut tunduk kepada kekuasaan Raja Ferdinand V.

Katolik pun menjadi kekuasaan baru di Granada. Sehingga beberapa bagian istana Alhambra pun diganti dengan gaya renaissance. Meskipun kejayaan Islam telah runtuh, kota ini masih menjadi kota yang memiliki populasi muslim. Saat waktu shalat datang, suara adzan pun masih menggema di sekitar area istana ini.

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: