5 Tips Jalani Mudik Bagi Ibu Hamil

Bagi ibu hamil yang ingin melakukan perjalanan mudik sangat disarankan untuk mengikuti pandaun agar selama mudik tetap nyaman dan aman.
, Majalah Kartini | 28/05/2019 - 08:00

MajalahKartini.co.id – Banyak perempuan merasa khawatir jika harus melakukan perjalanan jauh saat sedang hamil, seperti mudik. Karena mudah lelah, mual dan berbagai alasan lain menjadikan ibu hamil memilih untuk tidak melakukan perjalanan panjang. Padahal ibu hamil tetap bisa merasakan mudik. Namun tentunya dengan memperhatikan panduan agar tetap aman dan nyaman selama mudik.

mudik

Foto: Istimewa

Melewati masa mual

Dikutip dari CNNIndonesia, ahli kandungan dr Muhammad Fadli menjelaskan bahwa waktu yang aman apabila ibu hamil hendak melakukan perjalan jauh adalah pada trimester kedua kehamilan. “Saat itu, biasanya ibu hamil sudah melewati masa-masa mual dan muntah,” jelas Fadil.

Pastikan ibu dan bayi kuat

Melakukan pemeriksaan  kepada ibu dan bayi adalah hal wajib dilakukan sebelum melakukan perjalanan jauh. Pastikan dokter kandungan menyatakan bahwa si bayi dan ibu dinyatakan kuat untuk melakukan mudik. Jangan lupa untuk mencermati riwayat pendarahan dan kontraksi dini untuk mengurangi faktor resiko untuk si bayi dan ibunya.

Sediakan obat-obatan

Menyediakan obatan-obatan merupakan satu bentuk langkah antisipasi apabila dalam perjalanan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Obat-obatan bisa menjadi pertolongan pertama jika si ibu merasa mual atau pusing saat berada di dalam perjalanan.

Pilihlah Moda Transpotasi yang Singkat

Memilih moda transpotasi yang singkat akan menjadi solusi agar si ibu tidak merasa lelah atau kram saat mudik. Atau jika memilih untuk melakukan mudik dengan kendaraan pribadi, pastikan si ibu melakukan istirahat dan peregangan ringan saat berada di rest area.

Perbanyak minum air putih

Dalam perjalan, ibu hamil harus tetep memenuhi kebutuhan tubuh seperti air. Ibu hamil minimal harus minum air dua liter per hari untuk menghindari dehidrasi selama dalam perjalanan.

Baca juga : Takjil yang Baik untuk Ibu Hamil Saat Berpuasa

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: