5 Kuliner Khas Nusantara yang Ada di Bulan Ramadhan

Lima kuliner ini menjadi menu incaran ketika bulan Ramadhan, karena beberapa diantaranya tidak bisa ditemukan setiap hari selain di bulan Ramadhan.
, Majalah Kartini | 08/05/2019 - 10:00

MajalahKartini.co.id – Bulan Ramadhan yang hadir satu kali dalam setahun selalu memberikan kesan tersendiri bagi umat muslim di Indonesi. Terutama untuk sajian kulinernya. Beberapa kuliner, ternyata ada yang sulit didapatkan jika tidak berada di bulan Ramadhan. Berikut adalah lima kuliner khas yang ada di bulan Ramadhan.

Foto: Istimewa

Buah Kurma

Buah yang satu ini sebetulnya ada di setiap waktu. Namun selama bulan Ramadhan buah ini akan sering terlihat di mana-mana. Hal ini dikarenakan, orang yang berpuasa akan mendapat pahala sunah dengan memakan tiga butir buah kurma saat berbuka puasa.

Buah yang berasal dari Teluk Persia ini dipercaya memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Terutama bagi orang yang tengah menjalankan ibadah puasa. Sehingga, pada menu buka puasa buah yang satu ini akan hadir memenuhi meja makan.

Foto: Istimewa

Baca Juga : Rajin Konsumsi Kurma Lancarkan Proses Persalinan

Kolak 

Bukaan menjadi salah satu kudapan yang hanya ada di bulan Ramadhan. Mencari kudapan yang satu ini akan sulit jika bukan pada bulan Ramadhan. Menggunakan bahan dasar pisang atau ubi, kudapan ini diperkirakan berasal dari Timur Tengah.

Kolak dipercaya menjadi salah satu media penyebaran agama Islam di Pulau Jawa. Memiliki bahan dasar yang sederhana dan rasanya yang manis, kolak pun mudah diterima oleh lidah masyarakat Jawa pada saat itu. Hingga kini, kolak pun menjadi salah satu makanan tradisi yang hadir di bulan Ramadhan.

Foto: Istimewa

Biji Salak

Jenis makanan ini menjadi salah satu menu buka puasa yang banyak diincar. Makanan yang terbuat dari ubi, tepung, dan santan ini, kerap menjadi menu pilihan untuk orang-orang yang menghindari makanan berat saat berbuka.

Foto: Istimewa

Es Blewah

Minuman segar ini menjadi salah satu menu yang akan banyak dicari saat bulan Ramadhan. Memberikan rasa segar dan manis dari buah blewah, es blewah akan mudah didapati di jalan-jalan saat menjelang waktu berbuka.

Foto: Istimewa

Es Timun Suri

Alasan buah yang satu ini lebih banyak terlihat ketika bulan Ramadhan adalah karena timun suri akan mulai banyak ditanam ketika menjelang bulan Ramadhan. Memiliki masa panen yang cepat, yakni sekitar dua hingga tiga bulan, membuat banyak petani dapat mempersiapkan buah yang satu ini dengan mudah saat hendak Ramadhan.

                                    Foto: Istimewa

Tags: , , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: