5 Kuliner Khas Jepang yang Belum Dikenal Banyak Orang

Selain terkenal dengan kuliner khasnya yang mendunia seperti Ramen dan Sushi, ternyata masih tersimpan makanan khas Jepang yang belum banyak diketahui orang.
, Majalah Kartini | 19/02/2019 - 12:00

MajalahKartini.co.id – Kuliner khas Jepang tentu sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita, mulai dari Ramen, Sushi, hingga Takoyaki. Beragamnya pilihan masakan di negara Sakura ini, membuat siapapun tergiur dengan hanya melihat tampilan masakannya saja. Namun siapa sangka, Jepang masih banyak memiliki berbagai kuliner lezat yang belum banyak diketahui orang. Lima menu ini adalah di antaranya:

Hanabiramochi

Makanan yang memiliki arti “Mochi Kelopak Bunga” ini merupakan salah satu kue khas Jepang yang awalnya menjadi salah satu makanan penutup favorit para Kaisar di Jepang berisi anko atau kacang merah yang sudah dihaluskan dan batang gobo. Makanan satu ini pertama kali dibuat pada zaman Meiji (8 September 1886 – 30 Juli 1912). Semburat merah yang tampak dari kulit mochi juga menjadi ciri khas mochi unik ini.

Nikujaga

Nikujaga yang berarti “daging kentang” ini merupakan salah satu contoh “masakan mama” atau ofukuro no aji yang mengingatkan orang Jepang pada masakan ibu ketika si anak masih kecil. Makanan yang termasuk hidangan utama ini terbuat dari bahan daging, kentang dan bawang bombay yang direbus dengan beberapa bumbu penting, seperti gula, kecap asin dan mirin yang membuat air rebusannya didominasi dengan rasa manis yang lezat.

Suama

Suama, kombinasi dari kanji untuk perayaan “Su”  dan manis “Ama” adalah makanan manis khas Jepang yang terbuat dari tepung beras non-ketan, air panas, dan gula yang dicirikan oleh pewarna makanan merahnya. Adonannya menggunakan pewarna makanan merah di bagian luar dan putih di bagian dalam. Untuk membentuk makanan yang satu ini caranya yaitu dengan meremas adonan yang kemudian  dibentuk oleh tikar gulung Sushi, yaitu Sudare yang akan memberikan sentuhan akhir dengan tekstur dan permukaan sedikit bergelombang.

Monjayaki

Makanan Jepang  satu ini dibuat dari adonan terigu encer yang digoreng di atas plat besi atau teppan dengan isian berupa sayuran, daging, atau makanan laut. Cara pembuatannya sendiri mirip dengan Okonomiyaki namun yang menjadi pembedanya yaitu, jika Okonomiyaki menggunakan telur sebagai adonan, kalau Monjayaki menggunakan tepung gandum yang dicampur dengan kaldu ikan. Untuk isi dari Monjayaki yaitu berupa sayuran yang dimasak di atas papan panas, setelah setengah matang sayuran tersebut disiram bumbu cair campuran tepung dan kaldu ikan. Ketika bumbu mulai mengental, sayuran dan bumbu diaduk menjadi satu.

Uirō

Uiro atau yang dikenal dengan Uiro-mochi merupakan kue kukus tradisional Jepang dari Nagoya yang terbuat dari tepung beras dan gula dengan tekstur kenyal dan halus mirip dengan mochi. Makanan satu ini memiliki beragam rasa seperti kacang azuki, teh hijau, yuzu, strawberry dan chestnut. Uiro sendiri terdapat beberapa versi yang berbeda, terutama di daerah Yamaguchi dan Odawara walaupun Uiro Odawara lebih dikenal sebagai obat. (*)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: