4 Kota di Indonesia Rayakan Imlek dengan Tradisi Unik

Kemeriahan Imlek selalu menjadi perahatian tersendiri dari sabang sampai merauke.
, Majalah Kartini | 28/01/2017 - 15:00

1_perayaan imlek di singkawang_crop_640x357

MajalahKartini.co.id – Perayaan Tahun Baru Imlek ke 2568 tinggal menghitung hari. Ada hal unik menjelang perayaan Imlek bagi warga Tionghoa. Tradisi Kimsin namanya, kegiatan ini rutin dilakukan untuk mempersiapkan perayaan Imlek dengan membersihkan rupang atau patuh dewi-dewi. Tujuannya untuk penyucian diri agar saat memasiki tahun baru, jiwa kembali suci dari kesalahan dan penyakit hati.

Selain itu, kemeriahan-kemarian Imlek juga selalu bisa dinikmati di berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari Sabang sampai Marauke. Disetiap daerahnya juga memiliki keunikan tersendiri jelang atau penutupan Imlek ini. Berikut Tradisi Unik Imlek di empat daerah di Indonesia:

1. Singkawang
Di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, menjadi kota perayaan Imlek paling unik. Bahkan, di Singkawang ini, setiap tahunnya pada saat Imlek menjadi pusat dunia karena telah menjadi destinasi wisata ketika Imlek tiba. Keunikannya adalah adanya Pawai Tatung, parade debus yang digabungkan dengan tradisi Tionghoa. Kota ini merupakan kota kental gabungan budaya dan tradisi Tionghoa. Biasanya, perayaan ini biasa digelar 15 hari usai Tahun Baru Cina. Tatung merupakan istilah untuk orang sakti yang kebal, di mana mereka mempertontonkan kesaktiannya setiap perayaannya.

2. Semarang

2_Pasar-Imlek-Semawis_crop_640x357
Perayaan Tahun Baru di Semarang, sudah sejak 2004 lalu, di mana pemerintah kota Semarang saat itu sudah mengemas perayaan itu menjadi sebuah perayaan meriah. Di sini, menjelangh Tahun Baru Imlek, Kawasan Pecinan di Semarang mulai diramaikan dengan Pasar Semawis. Warga setempat mengenalnya dengan Warung Semawis. Alasannya sederhana, karena pasar ini digelar di Gang Warung.

Kemudian, nama Semawis diambil dari penggagasnya yaitu perkumpulan Kopi Semawis (Komunitas Pecinan Semarang untuk Pariwisata). Uniknya, pasar malam yang digelar pada akhir pekan ini juga menggelar pertunjukan budaya Tiongkok dan lokal. Seperti wayang potehi, gambang semarang, wushu, tarian barongsai dan berbagai macam permainan tradisional khas Jawa Tengah.

3. Palembang

3_palembang_crop_640x357
Perayaan Tahun baru Imlek dengan acara bertajuk festival di palembang sebenarnya belum lama. Pada tahun 2015 lalu Palembang pertama kali merayakan Festival Imlek untuk merayakan Tahun Baru Imlek. Banyak acara di dalamnya, lomba nyanyi dangdut mandarin, senam taichi masal dan lain sebagainya yang berpusat di Kawasan Chinatown Dempo.

4. Medan

4_fang teh medan_crop_640x357
Perayaan Imlek di Medan lebih pada kekeluargaan. Namun, unik. Di mana sejumlah masyarakat yang berada di kawasan Jalamn Thamrin merayakan dengan tradfisi minum teh bersama keluarga. Di mana pemberian teh atau fang teh merupakan rangkaian tradisi pada hari Imlek yang wajib dilakukan. Dalam tradisi fang teh, setiap anak atau orang yang lebih muda harus memberikan teh kepada orang tua mereka dan bersuka cita dengan keluarga besar sambil berlutut sambil memberi penghormatan. Namun sebelumnya, berduyun-duyun ke vihara. (Sopan/Foto: Berbagai Sumber)

Tags: , , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: