Semarakkan Hari Kartini Lewat Kartini Day Riding

Dalam perayaan tersebut para peserta mengenakan kebaya dan busana tradisional. Tak luput, kaum pria pun ikut meramaikan acara tersebut.
, Majalah Kartini | 22/04/2019 - 14:00

Foto: Istimewa

MajalahKartini.co.id – Memperingati Hari Kartini, komunitas vespa se-Jabodetabek mengadakan konvoi keliling Jakarta dengan mengendarai Vespa pada Minggu (21/4/19).

Uniknya, dalam perayaan tersebut para peserta perempuan mengenakan kebaya dan busana tradisional. Tak mau kalah, kaum pria pun ikut meramaikan acara tersebut dengan ikut serta memakai lurik. Mereka mengendarai aneka ragam jenis Vespa, mulai dari yang kuno hingga Vespa matik terbaru.

Selain di Jabodetabek, sejumlah wanita berkebaya yang mengendarai motor Vespa juga tampak memenuhi Jalan Dago, Kota Bandung. Mereka hadir bersama pengendara Vespa dari berbagai komunitas lainnya dalam rangkaian acara Kartini Ride. Acara ini menjadi simbol bahwa Vespa yang umumnya dikendarai kaum pria kini juga dikendarai oleh perempuan.

Baca Juga: Pesan untuk Para Kartini Muda di Hari Kartini

Foto: Antara

Para perempuan pengendara Vespa ini tampak membawa setangkai bunga mawar. Bunga tersebut kemudian dibagikan kepada pengunjung car free day. Di setiap bunga mawar yang dibagikan ini terdapat sebuah pesan dalam berkendara. Rucke Mabu selaku koordinator acara Kartini Ride mengatakan, ada 70 perempuan pengendara Vespa yang tergabung dalam kegiatan ini.

“Dalam rangka hari Kartini kita menghargai perjuangannya dalam emansipasi wanita. Kita juga sosialisasi kebersihan dengan membagikan asbak sebagai upaya tidak membuang sampah rokok sembarangan,” ujar Rucke.

Bukti Bahwasanya Perempuan Juga Bisa

Tak mau kalah dengan kota lain, komunitas Vespa di Kediri pun menyemarakkan hari Kartini. Acara dimulai dengan mengambil start di Jembatan Lama Kota Kediri. Setelah itu komunitas ini melakukan perjalanan berkeliling Kediri.

Para Kartini modern ini ingin memperkenalkan diri kepada masyarakat umum dan menunjukkan tidak hanya kaum pria saja yang bisa mengendarai Vespa. Sebelum mulai berkeliling, mereka memilih titik kumpul di Jembatan Lama Kota Kediri. Ini lantaran, jembatan yang berusia 1,5 abad ini dinilai menjadi ikon Kota Kediri serta mudah dijangkau.

Foto: Medeka.com

Dilansir dari detikcom, ketua panitia Kartini Day Riding, Dewi Sekartaji mengatakan, kegiatan Kartini Day Riding ini ditujukan untuk menyambut kegiatan Kediri Scooter Festival ke-4 yang akan digelar Agustus mendatang. Selain itu, Dewi berharap dengan Kartini Day Riding ini, peran serta perempuan semakin maju. Tak hanya untuk pembangunan Indonesia dan Kediri pada khususnya, melalui Vespa kita maju membangun negeri.

“Kegiatan ini adalah kegiatan pertama kita menyambut Kediri Scooter Festival ke-4 di Kediri Agustus mendatang. Sekaligus dengan Vespa kaum perempuan dapat semakin menunjukkan emansipasi dan peran sertanya membangun bangsa Indonesia dan Kediri,” ungkapDewi.

Usai touring berkeliling Kediri, ratusan perempuan peserta Kartini Day dan kaum pria yang juga ikut touring mengakhiri kegiatannya di Hutan Kota Joyoboyo sambil melepas lelah dan berbagi hadiah demi kebersamaan antar komunitas Vespa baik dari Kota Kediri, maupun kota lainnya.

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: