Selesai, Ini Dia Hasil Sidang Putusan MK

Dalam pembacaan kesimpulan, Hakim menolak seluruh gugatan permohonan dari pihak Prabowo-Sandiaga.
, Majalah Kartini | 28/06/2019 - 11:22

MajalahKartini.co.id – Setelah melakukan perjalanan panjang, akhirnya Kamis (27/6/19) sekitar pukul 21.15 WIB, Ketua Majelis Hakim Konstitusi, Anwar Usman, membacakan kesimpulan putusan majelis hakim konstitusi. Dalam kesimpulan tersebut Hakim menolak seluruh gugatan permohonan dari pihak Prabowo-Sandiaga.

sidang

sumber : istimewa

“Menyatakan dalam eksepsi, menolak eksepsi termohon dan pihak terkait untuk seluruhnya. Dalam pokok permohonan, menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya. Demikian diputuskan dalam rapat permusyawaratan Hakim, oleh sembilan hakim konstitusi,” ujar Anwar Usman.

Putusan ini diambil setelah para majelis hakim konstitusi menyatakan semua dalil hukum yang diajukan tim hukum Prabowo-Sandiaga tidak kuat dan tidak beralasan. Dalam pertemuan sebelumnya, saat agenda pertimbangan hukumnya, majelis hakim telah menolak semua dalil hukum yang diajukan kuasa hukum Prabowo.

Seperti salah satu tuduhan yang dilontarkan oleh tim hukum Prabowo-Sandiaga yakni telah terjadi kecurangan pada saat pemilu secara terstruktrur, sistematis dan masif (TSM) yang melibatkan aparat negara. Namun ternyata tuduhan tersebut dinilai tidak terbukti oleh MK.

“Tidak ditemukan ajakan untuk memilih calon tertentu. Selain itu, bukti-bukti tertulis yang diajukan pemohon untuk mendalilkan adanya penggalangan kepada paslon 01, adanya Polri membentuk tim buzzer di media sosial, seluruhnya hanya fotocopy berita online yang tidak serta-merta dapat dijadikan bukti pokok peristiwa itu benar terjadi tanpa didukung bukti lain,” ujar Aswanto.

Tidak hnya itu, mengenai dalil pemohon yangb menyatakan Cawapres 01 Ma’ruf Amin layak didiskualifikasi karena menjabat posisi di BUMN. Majelis MK menilai Ma’ruf tidak melanggar ketentuan meski belum mundur dari posisi Dewan Pengawas Syariah di BNI Syariah dan Mandiri Syariah, saat maju sebagai peserta Pilpres 2019 karena dua bank syariah tersebut bukan termasuk BUMN.

Baca Juga : Sidang Telah Usai, Ternyata Kubu Prabowo Habiskan Miliaran Rupiah Untuk Fotokopi

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: