Sebelum Miliki Kartu Kredit, Ketahui Hal Ini

Bagi Anda para pemegang kartu kredit harus mengetahui hal negatif ini.
, Majalah Kartini | 09/10/2017 - 10:02

MajalahKartini.co.id – Bagi perempuan yang sangat menyukai kegiatan berbelanja, pasti memiliki kartu kredit. Memang dengan memegang kartu kredit, membayar tagihan terasa mudah dan tidak memberatkan kantong Anda. Tapi tentu saja ada beberapa hal negatif bagi Anda para pemegang kartu kredit, yaitu:

1. Membuat konsumtif

Bagi Anda yang tidak bisa mengontrol diri, karena seringkali membuat Anda lupa diri akan kemampuan finansial Anda, hal ini bisa memicu pola konsumtif dalam diri. Anda dengan mudah selalu menggesek kartu kredit Anda tanpa mengingat kemampuan membayar Anda. Akibatnya, Anda tidak bisa memperhitungkan keunagan Anda dan Anda jadi tidak bisa membedakan mana yang kebutuhan dan keinginan. Sebaiknya Anda pikirkan lagi fungsi kartu kredit sebenarnya, sebagai sarana pembayaran atau sebagai tambahan income Anda?

2. Membuat utang

Kondisi Anda yang sudah konsumtif seperti di atas, tentu akan berdampak pula pada keuangan Anda. Mulai dari tagihan kartu kredit yang sudah tidak bisa Anda bayar sepenuhnya, sampai Anda mulai mencari pinjaman lain. Nantinya nama Anda masuk kategori kurang layak diberikan kredit, sehingga pengajuan untuk kredit lainnya seperti rumah dan mobil akan terasa sulit.

3. Membuat peluang kejahatan

Dengan berkembangnya teknologi, Anda bisa melakukan transaksi secara online darimana saja dan kapan saja. Tapi Anda perlu memberikan perhatian khusus ketika Anda bertransaksi online menggunakan kartu kredit. Beberapa minggu ini kita sering membaca berita kartu kredit yang tidak boleh digesek dua kali karena bocornya data-data nasabah. Anda harus mulai berhati-hati sehingga kemungkinan kartu kredit Anda dibobol oleh penjahat menjadi berkurang. (Cindy/Foto: Shutterstock)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: