Sakit Pinggang? Coba Lima Pose Yoga Ini Untuk Obati Sakit Pinggang Anda

Untuk Anda yang sedang menderita sakit pinggang, yuk coba pose ini untuk mengobati sakit pinggang.
, Majalah Kartini | 22/07/2019 - 08:02

MajalahKartini.co.id – Yoga merupakan aktivitas olah tubuh dan pikiran yang berasal dari India. Sudah menjadi rahasia umum jika banyak gerakan yoga dapat membantu memperlancar peredaran darah, sehingga dapat membuat kondisi fisik dan mental anda menjadi prima kembali. Nah, seperti gerakan berikut yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit di pinggang anda, untuk anda yang kerap merasakan nyeri pinggang.

1.Uttanasana (Standing Forward Bend)

Yoga

sumber: istimewa

Saat otot hamstring dalam keadaan kaku, Uttanasana dapat membantu anda memberikan tekanan besar pada punggung bawah. Bila posisi punggung bawah saat membungkuk lebih tinggi pantat, maka itu dapat menekan 1-2 tulang punggung (vertebra). Untuk menghindari sakit pinggang bawah akibat tekanan tersebut, praktekkan Uttanasana dengan terus menekuk lutut.

2.Bhujangasana (Cobra Pose)

sumber: istimewa

Gerakan yoga yang dapat membuka otot dada ini ternyata juga dapat membantu anda menekan punggung bawah, terutama jika otot punggung atasnya juga kaku. Cara melakukannya, berbaringlah dengan perut di bawah. Posisikan lengan bawah di atas matras sehingga kedua siku berada di bawah masing-masing bahu. Dengan bantuan kaki, jaga punggung bawah anda tetap stabil ketika dada dalam posisi terangkat.

3.Ustrasana (Camel Pose)

sumber: istimewa

Gerakan ini memang tidak mudah dilakukan oleh Anda yang menderita sakit pinggang bawah terutama jika Anda memaksakan diri menyentuh tumit. Untungnya ada beberapa modifikasi sehingga Camel Pose tetap aman dipraktekkan seperti:

  • Menyelipkan jari kaki di bawah
  • Meletakkan beberapa block di luar tulang kering atau tungkai bawah sisi depan (shin)
  • Menekan panggul ke arah depan
  • Menekan block yang diletakkan di antara kedua paha dalam atas, agar tubuh bisa terangkat lebih tinggi, cobalah untuk melengkungkan jari-jari kaki di bawah block.

 

4.Janu Sirsasana (Head to Knee Pose)

sumber: istimewa

Pose ini aman dan efektif untuk membebaskan otot hamstring Anda sambil tetap melindungi punggung bawah. Untuk memulainya, tekuk salah satu lutut dan posisikan telapaknya datar di atas matras. Setelah itu, angkat kaki satunya, kunci itu dengan band atau tali, dan sesuaikan posisi punggung bawah sebelum meningkatkan peregangan pada kaki yang diangkat.

 

5.Savasana (Corpse Pose)

yoga

sumber: istimewa

Percaya atau tidak, penderita sakit pinggang bawah ternyata kurang nyaman bila harus berbaring lurus saat melakukan Corpse Pose. Untuk meminimalisir rasa sakitnya, gunakan gulungan selimut, guling kecil, atau sepasang block di bawah lutut. Dengan demikian tekanan di punggung bawah bisa dikurangi.

 

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: