Sajian Menu Praktis Saat Anda Telat Sahur

Tak hanya praktis dibuat tapi menu ini juga sehat disantap saat sahur.
, Majalah Kartini | 17/05/2017 - 10:00

MajalahKartini.co.id – Sahur merupakan waktu makan pertama sebelum Anda memulai aktivitas dalam waktu yang panjang selama puasa. Sehingga, makanan yang Anda konsumsi saat sahur diharapkan dapat memenuhi kebutuhan energi harian. Apa saja menu sahur praktis yang mudah dibuat? Berikut beberapa ide menu sahur praktis tapi menyehatkan.

Sajian Menu Praktis Saat Anda Telat Sahur

Foto: Istimewa

  1. Roti sandwich dan susu

Pilihlah roti gandum agar lebih banyak serat yang masuk ke dalam tubuh. Untuk sumber proteinnya, Anda bisa menambahkan sosis dan telur. Kemudian, sebagai sumber vitamin dan mineral, tambahkan selada, timun, dan tomat. Susu bisa dijadikan minuman agar nutrisi yang Anda dapatkan bisa lebih lengkap. Jika belum kenyang, Anda juga bisa makan buah, seperti pisang, apel, mangga, dan buah lainnya setelah makan roti.

Sajian Menu Praktis Saat Anda Telat Sahur1

2. Mie goreng sayuran

Mie merupakan salah satu sumber karbohidrat. Jika ingin lebih sehat, tambahkan mie dengan berbagai sayuran, seperti sawi, kol, dan wortel. Anda juga bisa menambahkan bakso, sosis, telur atau ayam suwir. Bisa juga dengan macam-macam seafood sebagai sumber protein dalam masakan. Ini menjadi menu sahur Anda yang sehat dengan nutrisi lengkap.

3. Oatmeal dengan sayuran atau buah


Oatmeal saja mungkin tidak cukup bagi Anda. Padahal oatmeal merupakan sumber karbohidrat kompleks. Jika ingin lebih sehat, makanlah oatmeal dengan campuran sayuran dan sumber protein. Tambahkan brokoli, wortel, jagung, atau sayuran lainnya yang telah direbus atau ditumis. Tambahkan juga ayam, daging, atau telur sebagai sumber proteinnya.

4. Salad sehat


Sajian Menu Praktis Saat Anda Telat Sahur2
Untuk menu sahur, salad juga bisa menjadi salah satu alternatif yang praktis dan sehat. Agar salad yang Anda konsumsi cukup memenuhi kebutuhan gizi. Pastikan salad yang Anda buat memenuhi unsur karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Karbohidrat bisa Anda dapatkan dari kentang dan makaroni yang ditambahkan dalam salad. Sedangkan, protein bisa Anda dapatkan dari daging, ayam, ikan tuna, keju, atau telur. Vitamin dan mineral bisa didapatkan dari banyak sayuran, seperti selada merah, selada hijau, kol, wortel, timun, dan tomat. Sebagai dressing-nya, Anda bisa menambahkan mayones atau minyak zaitun, ini juga sebagai sumber lemak.

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: